Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

YouTube Mulai Uji Coba Fitur Tag

Friday, February 22nd 2019. | Artikel

YouTube merupakan platform berbagai video yang tengah naik daun beberapa tahun belakangan ini. Para penggunanya bisa mengunggah, mengunduh dan berbagi video. Memasuki tahun 2019, YouTube juga memberikan fitur terbaru mereka yang sedang diuji coba.

Pihak YouTube sedang melakukan uji coba pada fitur terbaru mereka.fitur terbaru dari YouTube adalah fitur Tag untuk bisa merekomendasikan video yang sedang ditonton. Serangkaian fitur Tag dari YouTube akan berada pada bawah video. Adanya fitur tag dengan keliling lingkaran atau disebut tag buble dan berwarna biru ini baru saja diketahui dari screenshot yang sudah beredar di dunia maya saat ini.

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

Dari screenshot yang didapatkan, fitur tag akan mewakili topik – topik yang berhubungan dengan video yang sedang Anda tonton di YouTube. Jadi saat Anda mengklik salah satu buble biru yang ada, maka Anda akan ditawarkan beberapa video yang berkaitan dengan tag tersebut.

Sebenarnya, serangkaian buble tag yang ditampilkan ini merupakan video yang berhubungan dengan channel yang sedang ditonton. Namun bisa juga video yang masih berkaitan dengan topik yang sama di YouTube. Rekomendasi tag dari YouTube, rupanya juga berasal dari algoritma YouTube yang ditujukan untuk para penggunanya. Hal ini sama halnya dengan tag “For You”.

Fitur tag yang satu ini tengah dilakukan uji coba oleh beberapa kalangan para pengguna YouTube. Namun, masih belum ada kepastian kapan fitur tersebut akan disebarkan. Bahkan, masih belum diketahui juga apakah fitur tersebut akan disebarkan secara luas untuk para pengguna umum.

Sebenarnya, pihak YouTube sendiri sudah memiliki fitur rekomendasi yang berada pada sisi kanan untuk pengguna YouTube  di PC, sedangkan pengguna Mobile berada di bagian bawah video. Fitur tersebut adalah Recommended for You. Di mana, fitur tersebut langsung bisa dimainkan secara otomatis.

Namun, beberapa pengguna mengatakan bahwa fitur Recommended for You dari YouTube ini masih belum bisa memprediksi apa saja video yang berhubungan dengan video yang sedang ditonton oleh para penggunanya, walaupun menggunakan algoritma YouTube.

Selain itu, YouTube juga memiliki fitur hashtag yang diperuntukan untuk para YouTuber. Hastag bisa dibubuhkan oleh para YouTuber pada kolom deskripsi atau berada pada judul video. Bahkan, para pengguna bisa membubuhkan setidaknya 15 hastag pada kolom deskripsi. Fitur ini akan memudahkan para YouTuber untuk bisa memunculkan video mereka lebih sering di YouTube.

Selain itu, para penikmatnya juga bisa mendapatkan rekomendasi video yang masih berkaitan dengan video yang ditonton. Fitur Hashtag pada YouTube sudah ada sejak Juli 2018 lalu. Namun, pada Januari 2019 ini, beberapa pengguna mengeluhkan tidak bisa mengakses fitur ini. Mungkinkan fitur hashtag akan digantikan dengan fitur tag yang tengah diuji coba? Kita nantikan hal tersebut dari YouTube.

tags: , ,