Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

Usia Windows 7 Yang Tinggal 1 Tahun Lagi

Friday, February 22nd 2019. | Artikel
Windows 7 Enterprise

Windows 7 Enterprise

Windows 7 merupakan salah satu sistem operasi Windows yang dirilis pada tahun 2009. Operasi sistem ini merupakan serian Windows terakhir yang memiliki fitur menu start. Sekaligus menggantikan versi Windows terdahulu, yakni Windows XP dan Windows Vista.

Bagi Anda yang masih menggunakan operasi sistem Windows 7 pada perangkat komputer Anda, mungkin Anda harus siap – siap untuk beralih pada sistem Windows yang lebih baru lagi. Bagaimana tidak, usia Windows 7 hanya tinggal satu tahun lagi, yaitu hanya hingga tahun 2020 mendatang.

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

Pihak Microsoft menuturkan pada halaman resminya bahwa mereka akan berhenti memberikan dukungan pada operasi Windows 7 pada 14 Januari 2020 mendatang. Keputusan ini dilakukan agar para pengguna  bisa segera merubah operasi sistem Windows mereka ke Windows 10.

Sama seperti sebelumnya, untuk bisa mengupdate Windows 7 ke Windows 10, maka pihak Microsoft akan memberikan sedikit bantuan dan dukungan tambahan. Kendati demikian, untuk bisa mendapatkan bantuan dan dukungan tersebut, maka Anda akan mendapatkan tambahan biaya ekstra.

Bantuan ini hanya diperuntukan untuk menggunakan Windows 7 Enterprise dan para pengguna bisnis atau perusahaan besar. Artinya, pengguna Windows yang umum tidak akan mendapatkan dukungan tambahan dari Microsoft.

Namun bagi pengguna yang tidak berniat untuk membayar, itu artinya per tanggal 14 Januari 2020, Microsoft tidak akan memberikan layanan keamanan lagi untuk para pengguna Windows 7. Dengan demikian, hal ini tentunya akan berdampak positif akan angka update Windows 10. Pasalnya, Windows 7 menjadi sistem operasi yang masih banyak digunakan. Bahkan popularitasnya pun juga cukup tinggi.

Windows 10 memang baru empat tahun muncul, yakni tahun 2015 lalu. Namun begitu, jumlah pengguna Windows 10 ternyata bisa menyalip pangsa pasar dari Windows 7, di akhir tahun 2018 kemarin.

Di bulan Desember 2018 kemarin tercatat setidaknya 39,22 persen pangsa pasaran sistem operasi dimiliki oleh Window 10. Bahkan, angka ini naik dari yang semula 38,14 persen pada bulan November 2018. Sedangkan persentase pangsa pasar Windows 7 kembali turun. Di mana yang sebelumnya berada di angka 38,89 persen haru turun pada 36,90 di bulan Desember 2018 lalu.

Sebenarnya, pihak Microsoft sudah resmi memberhentikan dukungannya pada Windows 7 sejak tahun 2015 lalu. Namun, dikarenakan para pengguna Windows 7 yang masih banyak dan merupakan sistem operasi dengan pengguna terbanyak. Akhirnya, pihak Microsoft memperpanjang dukungan tambahan hingga tahun 2020 mendatang.

Namun, setelah tanggal 14 Januari 2020, maka pihak Microsoft akan memberhentikan dukungannya pada Windows 7. Bagaimana? Apakah Anda sudah bersiap untuk beralih sistem operasi ke Windows 10? Pastikan, update operasi sistem pada komputer Anda sebelum Januari 2020 mendatang.

tags: , ,