Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

Youtube Resmi Larang Prank Berbahaya

Thursday, February 21st 2019. | Artikel
Youtube Resmi Larang Prank Berbahaya

Youtube Resmi Larang Prank Berbahaya

Youtube sampai saat ini menjadi situs streaming video online yang paling banyak diakses oleh pengguna internet dari berbagai belahan dunia. Dalam rangka menyikapi berbagai konten negatif atau berbahaya yang sering muncul di platform, akhirnya Youtube membuat kebijakan baru. Kebijakan tersebut berisi larangan terhadap video prank berbahaya atau tantangan yang membahayakan. Berdasarkan informasi yang dilansir dari laman The Verge, candaan membahayakan yang masuk dalam kategori dilarang berdasarkan kebijakan baru Youtube adalah candaan yang menyebabkan cedera fisik.

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

Layanan video streaming dari Google ini tidak ingin lagi ada konten yang berisi aktivitas berbau kekerasan muncul di platform mereka. Pihak Youtube menjelaskan bahwa selama ini Youtube memang menjadi tempat untuk menampilkan candaan dan tantangan yang disukai. Walaupun demikian, pihaknya tetap perlu memastikan bahwa kelucuan yang ditampilkan tidak melewati batas dan berubah menjadi adegan yang membahayakan.

Lewat peraturan baru ini, Youtube juga tidak mengijinkan video candaan yang beresiko menyebabkan anak-anak mengalami stres berat, termasuk menimbulkan trauma sepanjang hidup. Sebenarnya kebijakan baru dari Youtube ini muncul setelah para netizen merasa diresahkan oleh adanya Bird Box Challenge. Ini merupakan aksi yang terinspirasi oleh film dengan judul sama yang ditayangkan di Netflix. Dalam tantangan Bird Box Challenge, pemain diminta untuk melakukan aktivitas berbahaya dengan kondisi mata ditutup dengan kain.

Memang banyak content creator yang mengunggah berbagai konten lucu mengenai aktivitas dengan mata tertutup. Namun, banyak juga tantangan yang sengaja dibuat dengan kesan yang berbahaya. Jake Paul, salah satu Youtuber terkenal ini bahkan sudah pernah mencoba Bird Box Challenge. Dalam aksi prank berbahaya tersebut, ia menyeberang jalan yang saat itu sedang ramai dalam posisi mata ditutup kain.

Selain itu, ia juga merekam aksi menyetir mobil dengan kondisi mata tertutup. Dengan adanya tantangan seperti ini, Netflix pun wajib mengeluarkan pernyataan resmi karena pihaknya yang menayangkan Bird Box. Netflix telah meminta para penonton supaya tidak melakukan hal-hal yang berbahaya jika berniat meniru film tersebut. Sebenarnya tidak hanya Bird Box Challenge saja yang berbahaya di Youtube. Sebelumnya ada tantangan berbahaya lainnya yang tidak kalah populer yaitu Tide Pod challenge. Dalam tantangan tersebut, seseorang diminta untuk memakan detergen yang berbentuk bulat.

Kebijakan Youtube terbaru ini muncul hanya berselang beberapa hari setelah ada seorang remaja menabrak mobil saat mencoba Bird Box Challenge. Hal ini nampaknya benar-benar menjadi puncak masalah yang sedang berlangsung dengan lelucon dan tantangan. Kabarnya, Youtube akan memberikan tenggang waktu 2 bulan di mana pihaknya tidak akan menegur channels yang tidak sesuai kebijakan Youtube. Walaupun demikian Youtube tetap akan menghapus konten – konten video yang dianggap tidak sesuai, termasuk prank berbahaya.  Video yang akan dihapus tersebut merupakan video yang diunggah sebelum maupun selama periode tersebut.

tags: , ,