Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

Cortana Bakal Berpisah dari Kolom Search Windows 10

Saturday, February 23rd 2019. | Artikel
Cortana

Cortana

Pihak Microsoft berencana akan memisahkan fitur Cortana, yakni asisten digital dengan fitur Windows Search pada taskbar Windows 10. Disebutkan pemisahan yang dilakukan oleh pihak Microsoft ini dilakukan agar para pengguna memiliki pengalaman saat mencari file dan dokumen pada Windows 10.

Cortana sendiri bisa Anda temukan berada pada tombol Start. Di mana Anda akan mendapati kolom search yang bertuliskan “Ask me anything”. Fitur yang satu ini merupakan asisten virtual yang merupakan pesaing berat tandingan Siri dan juga Google Now. Tentunya, fiturnya akan menjawab segala perintah dan juga pertanyaan yang Anda ajukan.

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

Dona Sakar, Microsoft Windows Insider Chief juga menjelaskan bahwa pemisahan ini akan memungkinkan fitur pencarian, baik teks dan suara, masing – masing bisa melakukan kerjanya guna melayani para pengguna sesuai dengan penggunaannya dan target.

Dengan adanya pemisahan Cortana dengan kolom Search Windows 10 akan memungkinkan pengguna bisa mencari file serta dokumen menggunakan dua cara, yakni melalui teks atau bisa dengan suara. Sampai saat ini, para pengguna Windows 10 hanya disuguhkan satu search bar yang sudah terhubungkan dengan Cortana untuk mencari file atau dokumen.

Kendati demikian, beberapa pengguna mengeluhkan bahwa fitur yang satu ini masih belum cukup powerfull. Bahkan, bisa dikatakan fitur ini kurang bisa diandalkan. Oleh karena itu, pihak Microsoft berupaya untuk memisahkan kedua fitur tersebut. Selain itu, pihak Microsoft juga melakukan beberapa pembaruan baru, seperti perbaikan Windows Console dan font management yang akan di update pada Windows 10 berikutnya.

Bukan hanya itu saja, menurut Dona sebenarnya fitur pencarian file atau dokumen pada Windows 10 sudah mengalami peningkatan yang signifikan. Mulai dari desainnya hingga sistem yang dimilikinya. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan hasil dalam pencarian serta memberikan tambahan pengalaman untuk para penggunanya.

Pembaruan akan pemisahan Cortana dengan search bar pada Windows 10 ini diketahui akan dipergunakan pada pembaruan besar Windows 10 19H1 build 18317. Namun begitu, sebelum benar – benar diluncurkan untuk pengguna umum, pihak Microsoft tengah melakukan uji coba terlebih dahulu.

Uji coba tersebut dilakukan oleh para Windows Insider dan juga para beta testes untuk sistem operasi Windows. Hal ini dilakukan agar bisa terhindar dengan namanya bug yang kemungkinan besar terjadi. Di mana, bug terjadi pada bulan Oktober 2018 lalu, saat Windows melakukan uji coba pada pembaruan Windows 10.

Rencananya, ketersedian pembaruan Windows 10 19H1 build 18317 akan diluncurkan untuk para pengguna umum Windows pada sekitaran bulan April 2019 mendatang. Namun begitu, hal ini masih belum pasti, mengingat uji coba masih dilakukan. Kendati demikian, pihak Microsoft tetap akan meluncurkan pembaruan Windows 10 19H1 build 18317 setelah uji coba dilakukan.

tags: , , ,