Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

TikTok Terbitkan Aplikasi Video Chat, Aplikasi Mirip Instagram Stories

Sunday, February 24th 2019. | Artikel
TikTok Terbitkan Aplikasi Video Chat

TikTok Terbitkan Aplikasi Video Chat

Pembuat aplikasi terkenal TikTok, Bytedance akan resmi meluncurkan aplikasi terbaru, yakni chatting standalone yang diberi nama Duoshan. Sayangnya, aplikasi ini hanya diperuntukan untuk para penggunanya di China. Sama seperti, Bytedance yang berbasis di China. Beberapa kalangan mengatakan bahwa aplikasi Duoshan nantinya mungkin akan menjadi pesaing terberat dari WeChat, yakni aplikasi chatting terkenal di Negeri Tirai Bambu milik Tencent.

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

Memang Duoshan atau dalam bahasa Inggris nya, yakni Flasher merupakan salah satu aplikasi chatting pada umumnya. Di mana para pengguna bisa mengirimkan pesan dan video pendek pada sesama penggunanya. President Bytedance, Zhnag Nan mengatakan bahwa adanya Duoshan merupakan salah satu gebrakan aplikasi pesan dengan basis video agar pengguna bisa berbagai kreativitasnya dan berinteraksi dengan teman atau keluarga.

Bagi para pengguna Duoshan bisa mengaktifkannya menggunakan akun TikTok. Dengan begitu, tidak perlu lagi menggunakan akun baru.

Aplikasi mirip dengan Instagram Stories

Untuk desainnya, Duoshan memiliki fitur hanya dua tab saja, yaitu Messages dan World. Pada tab Messages, para penggunanya bisa mengirimkan pesan dan video pendek pada sesama penggunanya. Selain itu, di tab Messages juga akan ada serangkaian bulatan avatar para pengguna. Apabila diklik akan menampilkan video pendek yang dibuat sendiri oleh para pengguna dan teman – temannya. Video ini hampir sama dengan Instagram Stories yang lagi booming saat ini.

Sedangkan untuk tab World merupakan tab yang menampilkan video yang lagi viral. Dengan begitu, para pengguna Duoshan bisa melihat konten – konten video yang tengah viral saat ini. Hal ini sama saja dengan fitur Discovery yang ada pada Instagram.

Video yang ditampilkan pada tab World merupakan konten yang dibuat oleh para influencer atau pengguna lainnya yang akan ditampilkan secara acak. Kendati demikian, video tersebut tidak akan selamanya berada pada tab tersebut. Pasalnya, dalam 72 jam saja, video tersebut akan menghilang.

Sayangnya, tidak semua pengguna smartphone bisa menikmati aplikasi chatting Duoshan ini. Pasalnya, aplikasi ini hanya diperuntukan untuk pengguna Android saja. Masih belum diketahui kapan aplikasi ini akan diluncurkan untuk pengguna iOS. Kabarnya, versi untuk iOS sedang dilakukan uji coba.

Aplikasi chatting Duoshan ini sebenarnya muncul setelah aplikasi WeChat berusaha menarik perhatian para penggunanya yang telah beralih pada TikTok. Di mana, WeChat menambahkan fitur baru seperti Instagram Stories.

Saat Duoshan rilis, diketahui pihak WeChat memblokir link unduhan aplikasi tersebut. Artinya, para pengguna tidak akan bisa membagikan link Duoshan menggunakan WeChat. Hal ini membuktikan bahwa persaingan antara WeChat dengan aplikasi chatting terbaru ini cukup sengit. Terlebih lagi, untuk menggaet para pengguna dengan fitur – fitur terbaru mereka.

WeChat sendiri diketahui memiliki pengguna aktif bulanan hingga 1,1 miliar. Sedangkan untuk TikTok sendiri sudah mengumpulkan 500 juta pengguna aktif bulanan.

tags: , , ,