Update Paling Baru WordPress 5.0.2 Memperbaiki 73 Bugs

Wednesday, February 6th 2019. | Artikel
WordPress 5.0.2

WordPress 5.0.2

Awal bulan Desember tahun lalu, WordPress memberikan kado natal bagi para penggunanya dengan update paling baru untuk aplikasi web builder paling banyak digunakan ini dengan meluncurkan WordPress 5.0 Gutenberg. Gutenberg merupakan editor baru yang digunakan menggantikan TinyMCE yang sudah familiar bagi para webmaster yang menggunakan WordPress untuk membuat situsnya. Tidak lama setelah peluncuran perdananya, WordPress merilis maintenance update yaitu WordPress 5.0.2 yang hadir pertama kali dan siap untuk diunduh para pengguna mulai tanggal 19 Desember lalu. Apa saja yang baru dari update WordPress ini? Berikut adalah ulasannya untuk mempertimbangkan apakah Anda harus update WP yang paling baru atau menunggu nanti.

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

Update baru untuk WordPress 5.0

WordPress 5.0.2 adalah update paling baru untuk memperbaiki berbagai macam bug yang ada pada aplikasi WP generasi kelima ini. Yang menjadi fokus untuk perbaikan paling baru ini adalah meningkatkan performa untuk block editor di mana nantinya situs yang menggunakan aplikasi ini bisa memiliki performa 330% lebih cepat untuk sebuah post dengan 200 block. Inti dari update versi 5.0.2 ini antara lain adalah:

  • Peningkatan perfoma 45 block editor yang terdiri dari 14 pembaruan dan 31 perbaikan bug
  • Sebanyak 17 bug yang berkaitan dengan block editor sudah diperbaiki dari semua tema yang ada
  • Isu yang berhubungan dengan script loading juga telah diperbaiki.

Pengguna baru bisa langsung mengunggah WordPress 5.0.2 di halaman pengunduhan resmi pada situs WordPress, atau bagi pengguna yang sudah menggunakan WordPress sebelumnya bisa mengunduh update langsung dari Dashboard – Updates – Update Now. Situs-situs yang sudah mendukung update otomatis juga akan ter-update secara otomatis, Anda bisa cek status versi WordPress Anda di bagian Dashboard.

Yang baru dari aplikasi WordPress 5.0

Gutenberg adalah jantung dari versi paling baru dari WordPress yaitu 5.0, di mana sistem berbasis block digunakan untuk membuat konten dari situs yang dibangun  dan dikatakan ideal untuk digunakan oleh para pengembang tema, core developers, pengembang plug in, dan juga untuk pengguna WP. Para pembuat dan pengembang tema tidak perlu lagi membuat bundle dari plug in  dan page builders lainnya seperti Elementor, melainkan pengembang bisa membuat blocks untuk Gutenberg dan kemudian blocks tersebut bisa digunakan  untuk membuat konten yang sesuai dengan keinginan.

Gutenberg memberikan antar muka editor yang sama sekali baru untuk pengguna WordPress dalam membuat konten untuk situsnya. Berbagai macam hal yang baru bisa dieksplor oleh para pengguna WordPress seperti misalnya tema baru dengan nama “Twenty Nineteen”, dan berbagai macam fitur editing baru lainnya. Banyak yang antusias dengan adanya perubahan baru dari WordPress namun bagi penganut WordPress klasik, masih sulit bagi mereka untuk beralih menggunakan WordPress 5.0.

tags: , ,