Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

Google Chrome Dikabarkan Akan Mengeluarkan Tema Dark Mode Untuk Windows 10 Segera

Thursday, February 7th 2019. | Artikel
Tema Dark Mode Untuk Windows 10

Tema Dark Mode Untuk Windows 10

Google Chrome adalah browser yang dikenal dengan tampilan user interface yang simpel dengan warna dominan putihnya. Menjadikan logo dan doodle Google yang muncul pada halaman start up terlihat lebih menonjol dan menarik perhatian mata bahkan dari kejauhan. Namun untuk UI Windows 10, Google Chrome dikabarkan akan memberikan tampilan yang berbeda bagi penggunanya. Pengguna Windows 10 dikabarkan bisa menikmati Google Chrome dengan tampilan warna hitam alias dark mode. Kabar ini cukup santer terdengar sejak Google ketahuan sedang mengembangkan Chrome dengan dark mode browser untuk macOS Mojave milik Apple.

Peter Kasting yang merupakan pengembang senior untuk Chrome mengungkapkan via sebuah thread di Reddit proses pengembangan dark mode untuk Chrome versi desktop. Menurutnya saat ini pengembangan native dark mode untuk Chrome sedang dalam tahap pengembangan dan ia merekomendasikan para para pengguna untuk menggunakan tema dark saat ini.  Dengan adanya dark mode untuk Windows 10 ini makin menguatkan preferensi Google untuk menggunakan UI bertema gelap yang sebelumnya sudah bisa digunakan oleh para pengguna untuk Youtube dan produk Google lainnya.

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

Dorongan untuk menjadikan dark mode sebagai tema default

Sebelumnya, Kasting dilaporkan menulis sebuah laporan bug yang berisi mengenai absennya dark mode pada Google Chrome  padahal, Windows 10 memiliki fitur yang memungkinkan penggunanya untuk memilih tema light atau dark pada aplikasi-aplikasinya. Kasting menginginkan Chrome juga memiliki dark mode sebagai default theme termasuk dalam mode incognito dan mengklaim bahwa dark mode untuk Chrome sebenarnya adalah permintaan yang cukup populer diajukan oleh para pengguna. Laporan bug ini kemudian dianggap sebagai pendorong bagi para tim pengembang Google Chrome untuk mulai membangun native dark mode untuk Google Chrome versi desktop.

Post yang diunggah Kasting di Reddit mengkonfirmasi bahwa Google Chrome dengan tema dark mode akan segera hadir untuk versi desktop. Namun belum ada detail lebih lanjut maupun keterangan lebih jauh mengenai apakah pengembangan dark mode ini juga akan dilakukan untuk versi mobile atau tidak. Menurutnya pengembangan Google Chrome untuk versi mobile dilakukan oleh tim yang berbeda dan Kasting tidak memiliki informasi mengenai perkembangan proyek dari tim tersebut.

Berkaitan dengan pengembangan dark mode untuk versi desktop, belum lama ini Google mengeluarkan perubahan koding untuk memberikan dukungan dark mode pada Chrome 73 yang dikembangkan untuk macOS. Perubahan koding ini secara esensial mendeteksi dark mode default pada macOS Mojave untuk mengubah browser tersebut menjadi bertema gelap. Cara ini hampir sama dengan cara yang dilakukan oleh Mozilla Firefox untuk menawarkan tema dark kepada para pengguna macOS Mojave. Untuk Anda yang tidak sabar menunggu peluncuran dark mode pada browser Chrome Anda, bisa memilih tema gelap dari berbagai macam tema third-party yang tersedia di Chrome Web Store.

tags: , ,