Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

Kodachi Membangun Lorong Pengaman Untuk Linux

Thursday, February 7th 2019. | Artikel
Kodachi

Kodachi

Hati-hati bagi Anda pengguna Linux, cek lagi pengaturan privasi Anda apakah sudah bisa memberikan perlindungan yang menyeluruh atau belum. Tidak semua OS Linux dibuat dengan tingkat perhatian terhadap keamanan yang sama sehingga pengaturan yang salah pada firewall atau kesalahan pada pengaturan privasi untuk browser bisa membuat strategi pengamanan Linux yang paling baik pun sia-sia.

Karena itulah sebuah firma IT bernama Eagle Eye Digital Solutions mengembangkan Kodachi Linux yang menawarkan skema keamanan privasi yang lebih baik untuk Linux. Kodachi Linux v5.6 diumumkan perilisannya  pada bulan Desember tahun lalu yang berdasarkan oleh Debian 9.5 Xbuntu 18.04 Long Term-Support bisa berjalan dari DVD atau USB drive sebagai live session OS dan memberikan akses sesi Linux yang sama sekali terisolasi dan aman pada komputer apapun. Selain digunakan sebagai Linux portable, pengguna juga bisa menginstal Kodachi pada hard drive, namun untuk menghapus semua jejak aktivitas internet Anda dan jejak dokumen ketika Anda menggunakan komputer, Kodachi Linux sebaiknya dioperasikan melalui DVD atau USB.

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

Mudah untuk digunakan dan lebih aman

Kodachi Linux diklaim bisa mencegah usaha-usaha yang dilakukan oleh aplikasi atau tracker untuk melakukan investigasi dari email yang Anda miliki maupun data digital lainnya selama Anda menggunakan komputer. Kodachi Linux juga tidak membutuhkan setup yang rumit maupun pengetahuan mendalam mengenai OS Linux. Begitu pengguna mematikan komputer, maka seluruh jejak digital pengguna akan terhapus dan tidak bisa dilacak, namun fungsi ini hanya akan bekerja apabila pengguna menginstal Kodachi pada DVD maupun USB, bukan pada hard drive.

Apa yang membuat Kodachi Linux berbeda dibandingkan dengan sistem keamanan internet yang sudah ada sebelumnya? Seperti misalnya firewall, VPN, dan berbagai macam sistem keamanan lainnya sudah lebih dikenal lebih dulu oleh para pengguna internet. Namun sayangnya, karena sistem keamanan tersebut lebih kompleks dan membutuhkan pengetahuan teknis mengenai IT, kebanyakan pengguna tidak mengindahkan fasilitas sistem keamanan internet yang sudah umum tersebut. Kodachi Linux disebut sebagai pengaman internet yang jauh lebih mudah  bahkan bisa digunakan dengan baik oleh pengguna internet dan komputer yang buta teknis IT.

Beberapa macam fitur yang membuat Kodachi Linux bisa jadi solusi privasi dari pengguna komputer yang terhubung dengan internet antara lain adalah Tor tools yang memudahkan pengguna untuk menyamarkan alamat IP-nya, dilengkapi juga dengan prosedur yang bisa memudahkan pengguna untuk melanjutkan sesi tanpa harus install ulang jika ada pengaturan sistem yang salah. Kodachi Linux juga menyediakan beberapa browser yang mendukung privasi seperti misalnya Kodachi Security Browser, Firefox Direct VPN, dan Waterfox Direct VPN. Google Chrome tidak disertakan dalam pilihan browser yang disediakan oleh Kodachi karena Chrome ditempeli dengan tracker yang bisa mengumpulkan data digital dari pengguna dan bertentangan dengan prinsip privasi pengguna Kodachi.

tags: , , ,