Firefox Lite Menggantikan Rocket Untuk Mobile Browser Yang Berkecepatan Tinggi

Wednesday, February 6th 2019. | Artikel

Bagi Anda yang menggunakan  Firefox Rocket sebagai browser untuk ponsel Android, beberapa waktu yang lalu Mozilla mengganti nama mobile browser ini menjadi Firefox Lite. Penggantian nama ini juga diikuti dengan branding yang lebih mengedepankan fungsi Firefox Lite sebagai browser untuk ponsel yang lebih ringan dengan kapasitas aplikasi yang lebih hemat memori. Jika Anda menggunakan smartphone dengan sistem operasi Android, Firefox Lite bisa langsung diunduh di Google Play Store.

Aplikasi yang saat ini sudah tersedia untuk pengguna Android di Cina, Indonesia, India, Thailand, dan juga Filipina ini sebelumnya diluncurkan eksklusif untuk pengguna di Indonesia saja. Ada banyak elemen baru yang bisa pengguna nikmati dari Firefox Lite karena tidak hanya nama dan tampilan saja yang berubah, namun aplikasi ini juga lebih dioptimalkan untuk meningkatkan browsing dengan menggunakan ponsel.

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

Pergantian nama dari Rocket menjadi Lite

Firefox Rocket sudah hadir di antara pengguna smartphone Android sejak bulan November 2017 lalu. Joe Cheng, yang merupakan Head of Product Mozilla Asia menyatakan bahwa nama Firefox Lite digunakan untuk lebih memfamiliarkan diri terhadap para pengguna Android. Ketika mendengar nama Lite maka pengguna Android akan langsung menghubungkannya dengan sebuah aplikasi yang ringan dan tidak memakan banyak memori serta akses yang cepat. Sedangkan nama Rocket dinilai belum bisa menyampaikan pesan branding dengan lebih tepat.

Tidak hanya nama, UX pun turut diperbaiki

Melalui Firefox Lite, Mozilla ingin memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dengan memperbarui tampilan browser sehingga tampak lebih menyegarkan secara visual. Kini Firefox Lite dilengkapi dengan mesin teknologi yang sama dengan yang digunakan oleh Google Chrome  sehingga lebih kompatibel dan praktis untuk digunakan pada smartphone berbasis Android. Dengan teknologi yang lebih mutakhir, maka pengguna bisa menikmati browser yang lebih cepat, tidak membuat perangkat mobile jadi macet-macet, dan membuat ponsel pengguna pun bekerja dengan lebih efisien dan efektif.

Firefox Lite hadir dengan ukuran aplikasi yang hanya sekitar 3 MB saja, membuatnya tidak banyak makan data ketika diunduh, bisa dibuka dengan lebih cepat, dan tidak makan banyak memori ponsel Anda. Firefox Lite juga dilengkapi dengan Turbo Mode yang bisa memblokir semua iklan yang ada pada situs yang Anda kunjungi sehingga data bisa dihemat dan situs bisa dibuka lebih cepat. Aplikasi ini juga memiliki kemampuan untuk memblokir web trackers yang digunakan oleh para pemasar untuk mendeteksi aktivitas pengguna internet yang akan dipakai sebagai data analisa pemasaran yang lebih tersegmen. Dengan demikian privasi Anda bisa lebih terjaga ketika menggunakan Firefox Lite untuk internetan.

Untuk Anda yang ingin tidak meninggalkan jejak di browser saat menjelajah internet pun tersedia Private Browsing di mana history, password, dan cookies tidak akan terekam selama Anda browsing. Saat ini Firefox Lite hadir dalam versi 1.0.6 dan sudah diunduh lebih dari satu juta pengguna Android di beberapa negara Asia. Sementara bagi pengguna di luar Indonesia, Cina, Thaliand, India, dan Filipina bisa mencari aplikasi format apk.

tags: ,