Layanan Google yang Sudah atau Akan Ditutup Oleh Google

Monday, February 4th 2019. | Artikel
Layanan Google

Layanan Google

Memasuki awal awal tahun 2019 ini Google menutup beberapa jenis Layanan Google yang sebelumnya pernah populer atau digadang gadang akan populer. Layanan Google Plus menjadi salah satu layanan yang mendapat sorotan paling besar. Berikut ini adalah beberapa layanan yang sudah atau akan ditutup oleh Google.

Google Plus

Google Plus adalah sebuah layanan Google yang dalam bentuk media sosial. Google Plus pernah diprediksi akan menjadi pesaing serius, dan pukulan telak bagi Facebook, khususnya di tahun 2011. Setelah hampir sepuluh tahun berjuang, akhirnya layanan ini bertekuk lutut di hadapan Facebook yang makin perkasa setelah berhasil mengakuisisi WhatsApp dan Instagram. Rencana awalnya Google Plus akan dibekukan sementara pada Agustus 2019, namun berita terbaru menyatakan bahwa Google justru akan menutup layanan ini sepenuhnya pada April 2019. Penutupan layanan ini dikarenakan adanya bug yang mengakses lebih dari 500 ribu profil pemilik akun Google Plus.

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

Hangout

Hangout adalah salah satu aplikasi integral yang dimiliki oleh Google. Hangout adalah layanan yang menyediakan layanan dalam bidang chat, dan video chat. Layanan Hangout sebenarnya tidak akan sepenuhnya disuntik mati, melainkan akan dipecah atau akan dijadikan layanan yang lebih spesifik. Untuk waktunya sendiri, Google belum memberikan pengumuman resmi terkait proses integrasi layanan ini menjadi layanan yang lebih spesifik. Laporan yang dilansir oleh Google adalah, bahwa layanan ini akan dipecah menjadi Meet, dan Chat.

Youtube Gaming

Youtube Gaming adalah layanan berupa streaming khusus video game. Disini para penggunanya dapat melihat berbagai macam video bermain game ataupun melakukan interaksi lewat aplikasi Youtube Gaming. Aplikasi ini diluncurkan pada tahun 2015, dan diharapkan dapat menyaingi Twitch yang merupakan layanan Gaming andalan Amazon. Ternyata semua itu hanya menjadi isapan jempol belaka, karena nyatanya layanan Youtube Gaming direncanakan akan ditutup pada bulan Maret 2019, dan itu berarti umurnya hanya sekitar 4 tahun saja. padahal layanan ini sebenarnya mampu memiliki lebih dari 200 juta pengguna dengan tingkat streaming selama 50 milyar jam dalam setahun, namun itu semua tidak cukup untuk membuat layanan ini bertahan.

Layanan inbox

Layanan inbox adalah sebuah layanan Google yang dapat disinkronkan dengan sebuah email yang dimiliki penggunanya. Layanan ini berbeda dengan layanan Gmail yang memang murni merupakan layanan email. Layanan inbox ini adalah sebuah layanan yang diperuntukkan untuk meningkatkan efisiensi kinerja terkait email. Salah satu penyebab inbox ditutup adalah dikarenakan terjadi banyak kebingungan di antara para penggunanya di seluruh dunia. Layanan ini dijadwalkan akan disuntik mati pada bulan Maret 2019.

Nah itu tadi layanan Layanan Google yang akan ditutup di tahun 2019. Layanan lainnya yang akan ditutup adalah Goo.gl, Schaft, dan Allo.

tags: , , , ,