Tugas Seorang Back-End Developer

Friday, January 18th 2019. | Artikel
Back-End Developer

Back-End Developer

Menjadi seorang pengembang web tidaklah mudah sebab teknologi saat ini menuntut agar website juga terus bisa diperbarui mengikuti perkembangan. Jika web tidak sering diperbarui dan dikelola dengan baik maka web itu bisa ‘ketinggalan zaman’ dan bahkan kehilangan pengunjungnya. Web harus bisa memberikan informasi dan kemudahan bagi penggunanya sehingga dengan demikian bisa menjadikan web tersebut terus berjalan dengan baik. Pengembang web biasanya dibedakan menjadi dua bagian karena jika mengurusi keseluruhan web maka tugas yang dibebankan terlalu banyak. Pertama, front-end developer yang mengembangkan  tampilan bagian depan dari web dan back-end developer yang mengembangkan segala hal dibalik web tersebut. Tugas keduanya sama-sama berat dan keduanya bekerja sama untuk bisa membuat web berfungsi dengan baik. Hal yang akan dibahas saat ini adalah mengenai tugas seorang back-end developer yang mengurus masalah fungsional dari sebuah web.

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

Pengembang Tiga Hal Penting Berkaitan Dengan Web

Seorang back-end developer pada dasarnya akan mengembangkan tiga hal penting yang berperan dalam fungsional web tersebut secara keseluruhan. Apabila sampai tiga hal ini mengalami masalah maka keseluruhan web juga akan bermasalah sehingga web tidak bisa berfungsi dengan baik. Tiga hal yang dimaksud adalah database, server dan aplikasi web. Tiga hal ini tentunya menjadi inti dari sebuah web. Untuk bisa mengelola ketiga hal ini maka banyak bahasa pemrograman yang harus dikuasai oleh seorang back-end developer , namun tidak perlu memahami semuanya, hanya yang paling terpenting dan paling sering digunakan saja. Karena dalam sebuah web pun tidak semua bahasa pemrograman akan digunakan.

Perancang Sistem Serta Teknologi Web

Hal inilah yang menyebabkan seorang developer atau pengembang web harus benar-benar bisa mengikuti perkembangan zaman dan selalu mudah mempelajari hal terbaru yang berkaitan dengan pengembangan web sehingga dengan demikian web yang dikembangkannya bisa terus mengikuti perkembangan zaman dan tidak usang. Tentunya dengan demikian web Anda bisa semakin mudah saat dibuka dengan perangkat apa saja, karena perangkat saat ini saja sudah semakin berkembang dari waktu ke waktu, maka dari itu perlu banyak pengembangan berkaitan dengan hal tersebut. Back-end developer memiliki tugas untuk merancang sistem serta teknologi yang ada di dalam web itu agar bisa disesuaikan dengan perkembangan zaman.

Penjaga Keamanan Dalam Web

Anda sebagai back-end developer harus waspada dengan adanya gangguan dari  para ‘hacker’ yang suka mengacaukan server serta mengambil informasi-informasi yang penting bagi web atau bahkan memanipulasi web tersebut. Oleh karena itu dibutuhkan kemampuan yang tinggi dalam menangkis serangan dari para hacker itu agar web bisa menjadi lebih aman dari berbagai sisi. Kemampuan para hacker ini dalam mengganggu kinerja web tidak bisa diremehkan karena kini ada banyak sekali orang yang begitu menguasai komputer sehingga banyak hal bisa dengan mudah dilakukan termasuk masuk ke dalam sistem web tersebut.

tags: , , ,