Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

Tor Project Meluncurkan Tor Browser Untuk Android

Tuesday, July 2nd 2019. | Artikel
Tor Browser Android

Tor Browser Android

Browser Tor dikenal sebagai browser yang bisa Anda gunakan jika ingin menjaga privasi akses data Anda terjaga dan tidak bisa dilacak dengan mudah oleh para advertisers, peretas, bahkan oleh provider yang Anda gunakan. Request yang masuk melalui Tor akan disalurkan berbagai macam jaringan server sehingga alamat IP Anda tidak bisa dilacak dari mana asalnya. Fitur keamanan ini sekarang sedang memiliki perhatian yang cukup besar karena makin banyak pengguna internet yang sadar bahwa ternyata akses data internet yang dilakukan selama ini bisa dengan mudah dilacak dan pencurian bahkan jual beli data pengguna internet cukup marak terjadi. Sekarang, Tor sudah hadir dalam bentuk aplikasi yang bisa Anda unduh dan install untuk Android.

Tor Browser dibuat dengan menggunakan basis mesin dari Mozilla Firefox yang open source jadi siapa saja bisa memberikan kontribusinya untuk perkembangan proyek Tor ini agar menjadi lebih baik. Sedangkan untuk versi iOS, pengembang Tor menyebutkan bahwa browser ini tidak akan ada versi iOS-nya karena ada batasan dari Apple. Meski demikian Tor menyatakan bahwa untuk platform iPhone dan iPad akan diberikan produk lain yaitu Onion browser yang menggunakan mesin browser dari Apple sebagai basisnya.

 

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

 

Tor Browser yang aplikasinya sudah bisa Anda unduh di Google Play Store ini sekarang sudah memiliki jumlah instalasi lebih dari 1000 kali. Fitur utamanya fokus untuk membuat akses internet Anda jadi lebih aman tanpa ada yang mengikuti jejak online Anda. Ia bisa memblokir trackers dan langsung menghapus cookies begitu Anda selesai browsing, bisa mencegah siapa saja mengetahui koneksi yang Anda gunakan dan mengetahui situs apa saja yang Anda kunjungi, Tor juga mencegah modus fingerprinting sehingga peretas akan kesulitan mencuri data internet Anda.

Tor Browser adalah hasil kerja dari Tor Project  yang dikembangkan oleh developers dari Tor dan Mozilla Firefox yang dijalankan tanpa berorientasi pada profit. Proyek ini sifatnya adalah open source dan developers pun menerima donasi untuk mendanai pengembangan browser dari Tor menjadi lebih kuat dan memberikan manfaat keamanan yang lebih baik pada pengguna. Jadi bagi Anda yang tidak ingin aktivitas internetnya bisa terbaca oleh siapapun baik menggunakan regular mode atau private mode, Tor bisa jadi pilihan browser yang lebih aman tanpa ada pengintip data.

Sementara itu untuk versi desktop, saat ini Tor sudah dikembangkan sampai versi 9.0a2 yang baru dirilis seminggu yang lalu. Tor 9.0a2 adalah versi alpha yang ditujukan bagi developers untuk melakukan tes uji terhadap fitur-fitur baru dari Tor dan bukan merupakan versi yang stabil bagi end user. Versi ini memperbaiki adanya regresi pada versi sebelumnya dan menambahkan beberapa peningkatan performa yang kecil dan tidak begitu jauh dibandingkan dengan versi sebelumnya.

tags: ,