Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

Sekarang Anda Bisa Membuat Google Docs Langsung Di Dropbox

Tuesday, April 16th 2019. | Artikel
Google Docs

Google Docs

Google Drive dan Dropbox merupakan aplikasi penyimpanan berbasis cloud di mana pengguna bisa menyimpan data kemudian membagikannya kepada orang lain atau mengakses data tersebut dari perangkat apa saja asalkan memiliki koneksi internet. Karena memiliki fitur yang kurang lebih sama maka tidak heran jika keduanya bisa disebut sebagai rival. Tapi kata siapa rival tidak bisa bekerja sama dan menghasilkan produk layanan yang lebih praktis? Dropbox dan Google Drive saling berintegrasi di mana sekarang pengguna bisa membuat Google Docs, Google Sheets, dan Google Slides, di dalam Dropbox. Tidak hanya membuat dokumen namun pengguna juga bisa membagikannya atau mengaksesnya nanti ketika dibutuhkan dengan menggunakan jasa penyimpanan cloud dari Dropbox.

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

Dengan demikian bagi Anda yang banyak bekerja menggunakan Google Docs dan Dropbox bisa menggunakan keduanya dalam satu aplikasi saja tanpa harus pindah dari Dropbox ke Google Drive maupun sebaliknya. Tujuannya adalah untuk memberikan akses yang mudah bagi para profesional yang menggunakan dua layanan terbaik ini untuk bekerja secara tim. Kabar kerjasama dari keduanya sebenarnya sudah diumumkan tahun lalu dan kini pengguna bisa mengunduh versi baru dari  Desktop Business berbahasa Inggris yang saat ini masih hadir dalam versi beta.

Bekerja menggunakan Google Docs langsung di Dropbox

Integrasi ini memungkinkan pengguna untuk membuat berbagai macam bentuk dokumen yang tersedia di Google Docs langsung di perangkat lunak Dropbox. Sebelumnya Anda harus log in dulu menggunakan akun Google dan Dropbox untuk bisa mengorganisir dokumen yang ingin dibuat, diakses, dibagikan, maupun pekerjaan lainnya. Selain membuat dokumen, Anda juga bisa mencari dokumen tidak hanya dari judulnya saja tapi juga bisa memunculkan hasil pencarian dari konten dokumen tersebut. Fitur ini bisa digunakan di situs Dropbox, di aplikasi mobile, maupun di desktop dengan mengklik ikon Dropbox untuk Window maupun Mac.

Fitur utama Google Docs yang membuatnya banyak dipilih sebagai aplikasi web-based adalah kemampuannya untuk berbagi dokumen dan mengeditnya secara bersamaan dengan orang lain dan sekarang fitur ini menjadi bagian di Dropbox Business. Pengguna bisa berbagi dokumen dengan membagikan link yang diberikan Dropbox untuk disebarkan di chat, email, dan platform lainnya, pengguna juga bisa mengatur orang lain untuk memiliki akses hanya untuk membuka saja atau bisa juga sekalian mengedit dokumen.

Anda juga bisa membatasi akses penyebaran dokumen untuk melindungi dokumen internal yang sensitif, plus orang bisa memberikan komentar, masukan, atau feedback lainnya dari dokumen kemudian akan muncul pemberitahuannya di akun Dropbox Anda. Semuanya bisa dilakukan hanya dengan menggunakan satu aplikasi sehingga kerja pun jadi lebih efisien tidak buka tutup aplikasi satu dan lainnya.

tags: ,