Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

Firefox Akhirnya Memasang Fitur Cryptojacking Blocker

Monday, April 15th 2019. | Artikel
Cryptojacking Blocker

Cryptojacking Blocker

Fitur yang ditunggu-tunggu dari Mozilla Firefox akhirnya keluar juga, yaitu opsi untuk memblokir cryptojacking secara otomatis yang ada pada rilisan baru untuk Beta dan Nightly. Bagi yang belum familiar dengan istilah cryptojacking adalah kegiatan menambang crypto currency dengan menggunakan sumber daya komputer yang dimiliki oleh orang lain. Serangan-serangan cryptojacking akhir-akhir ini mulai marak salah satu yang paling terkenal adalah serangan dari CoinHive. Kini, pengguna browser Beta dan Nightly yang merupakan produk dari Mozilla Firefox bisa memblokir secara otomatis skrip cryptojacking sehingga pengguna bisa menjelajahi internet dengan lebih aman.

Selain memblokir skrip cryptojacking, update paling baru dari Firefox adalah memblokir skrip “fingerprinting” yang memanen snapshots dari konfigurasi komputer pengguna yang kemudian digunakan untuk melacak penggunaan internet bahkan ketika pengguna sudah membersihkan cookies-nya. Hal ini merupakan bagian dari fitur content blocking yang menjadi salah satu fokus Firefox untuk mengembangkan browser-nya dan memberikan keamanan yang lebih baik kepada para pengguna. Di update yang paling baru ini tembok blokir yang  terpasang di Firefox sudah bisa memblokir sekitar 20 cryptojacking yang ada, antara lain adalah CoinHive, JSE, dan MineXMR.

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

Fitur cryptojacking blocking ini tersedia untuk pengguna Beta 67 dan Nightly 68. Untuk mengaktifkan fitur ini berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda ambil:

  1. Klik pada menu utama Firefox

  2. Pilih Preference

  3. Pilih tab Privacy and Security

  4. Di bawah opsi Content Blocking pilih Custom

  5. Cek pada opsi Cryptominers dan Fingerprinters untuk memblokir keduanya

  6. Jangan lupa untuk simpan pengaturan Anda.

Untuk mewujudkan fitur ini Firefox bekerja sama dengan Disconnect sehingga ketika diaktifkan maka Firefox akan memblokir skrip-skrip yang sudah masuk dalam daftar Disconnect sebagai cryptojacking dan fingerprinting. Karena masih dalam pengembangan, pengguna Firefox mungkin akan menemukan beberapa situs yang diblokir oleh browser sampai tim developers bisa mengembangkan fitur blocking ini lebih baik lagi. Jika Anda menemukan masalah ini Anda bisa melaporkannya kepada Mozilla dengan cara klik pada logo tameng proteksi yang  biasanya ada di samping URL situs.

Agar masalah pemblokiran situs tidak berkepanjangan, Mozilla berjanji untuk menambah dan mengembangkan daftar domain yang diblokir oleh Firefox dalam waktu beberapa bulan ke depan. selain itu perkembangan selanjutnya juga akan membuat fitur blocking ini bisa dilakukan secara default sehingga pengguna Firefox generasi selanjutnya bisa langsung terlindung tanpa harus melakukan konfigurasi. Selain Firefox, browser yang memiliki fitur cryptojacking ini adalah Opera  yang rilis pada awal tahun 2018 dengan menggunakan daftar cryptojacking dari NoCoin. Versi baru dari Beta dan Nightly bisa Anda unduh di halaman resmi Mozilla Firefox plus informasi lengkap mengenai fitur apa saja yang di-update selengkapnya.

tags: , ,