Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

Edge, Browser Microsoft Bermesin Chromium Sudah Bisa Dicoba Mulai Hari Ini

Sunday, April 14th 2019. | Artikel
Microsoft Edge

Microsoft Edge

Akhirnya setelah pertama kali diumumkan pada bulan Desember tahun lalu, browser garapan Microsoft yaitu Edge yang akan menggunakan basis kode Chromium yang merupakan produk Google, hari ini (9/04) diumumkan sudah bisa diuji coba. Edge yang berbasis Chromium ini  tersedia dalam bentuk pratinjau Canary yang akan mendapatkan update harian, sedangkan untuk versi yang ditujukan kepada developers akan mendapatkan update secara mingguan.

Edge dengan basis Chromium yang dirilis hari ini didesain untuk developers untuk mencicipi versi awal dari Edge sebelum dirilis ke pengguna publik. Browser yang menggunakan basis Chromium ini artinya Edge akan memiliki mesin rendering sama seperti Google Chrome namun tetap dengan fitur-fitur lain yang dikembangkan oleh Microsoft sendiri.

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

Desain seperti Chrome dan ekstensi dari Chrome
Karena menggunakan basis kode Chromium maka dari segi tampilannya Anda bisa mengharapkan Edge akan memiliki look yang mirip dengan Google Chrome. Untuk memberikan sentuhannya, Microsoft menambahkan beberapa layanan yang dimilikinya untuk terpasang di Edge seperti misalnya Bing, Microsoft News, dan Windows Defender SmartScreen. Edge juga bisa menggunakan ekstensi yang tersedia di Chrome plus ekstensi yang tersedia di toko ekstensi sendiri milik Microsoft. Anda juga bisa menggunakan ekstensi yang tersinkron dengan perangkat lain yang menggunakan Edge.

Join the dark side, Edge memungkinkan penggunanya untuk mengubah tema tampilan browser  menjadi dark mode yang bisa dilakukan dengan mengaktifkan flag. Tema dengan tampilan gelap ini adalah salah satu fitur yang ditunggu bagi pengguna Windows yang menantikan Edge karena nuansa warna yang gelap memberikan pengalaman browsing yang lebih sophisticated dan bisa menyegarkan suasana dari yang biasanya menggunakan tema dengan nuansa terang.

Dengan kerjasama antara Microsoft dengan Google ini tidak hanya untuk membantu Microsoft membangun browser yang lebih tangguh dan memiliki UX yang lebih baik, tapi juga untuk mengembangkan Chrome bisa dijalankan di Windows dengan lebih lancar. Versi Canary dari Edge yang dirilis hari ini tersedia untuk Windows 10 tapi tidak menutup kemungkinan Edge juga akan hadir di OS sebelumnya seperti Windows 8 dan Windows 7.

Saat ini Edge bisa diunduh untuk pengguna Windows 10 di mana pengguna Mac OS maupun platform lainnya harus menunggu beberapa waktu lagi. Bagi yang sudah mengunduh versi bocorannya beberapa waktu yang lalu, versi Edge resmi ini mungkin tidak terlihat banyak perbedaannya. Perhatian, versi Edge yang ada saat ini hanya merupakan versi pratinjau saja jadi bagi Anda pengguna Windows 10 yang ingin mencoba mungkin akan mendapatkan berbagai macam isu maupun bugs, serta masih banyak layanan dan fitur yang belum tersedia karena memang belum dirilis untuk penggunaan browser harian pada umumnya.

tags: , , ,