Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

5 Rekomendasi Linux Distro Terbaik 2019

Saturday, April 13th 2019. | Artikel
Linux Distro

Linux Distro

Pengguna Linux dimanjakan dengan berbagai macam aplikasi perangkat lunak yang open source, mulai dari yang berbayar hingga yang gratis, yang bisa digunakan untuk memudahkan kerja para developer maupun programmer  atau menjadi sistem operasi yang jadi pilihan alternatif selain Windows. Salah satu aplikasi perangkat lunak yang bisa memberikan pengalaman terbaik menggunakan Linux adalah distro atau Linux distributions yang mana banyak disediakan oleh para developers baik dari segi tampilan hingga fitur-fitur lain yang bisa bermanfaat saat koding. Berikut adalah rekomendasi Linux distro terbaik yang bisa jadi pilihan Anda di tahun 2019 ini.

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

Elementary OS

Bagi yang menggunakan Linux karena ingin menggunakan sistem operasi lain selain Windows, elementary OS adalah pilihan yang tepat. Ia didesain untuk memberikan pengalaman cara kerja yang lebih cepat dan terbuka kepada penggunanya khususnya bagi pengguna non teknis yang lelah dengan Windows tapi tidak harus keluar uang lebih banyak untuk beli Mac OS. Selain itu distro ini juga pas untuk para developers pemula yang sedang menjajal open source. Elementary OS memberikan tampilan yang sleek seperti Mac OS dan ringan digunakan.

Feren OS

Distro ini menggunakan basis Linux Mint dengan keunggulan tampilan antar muka yang memiliki nilai estetika tinggi, bahkan setara dengan Mac OS. Bagi pengguna Windows yang sedang beralih ke Linux, menggunakan feren OS tidak akan merasa terlalu bingung karena tombol start serta taskbar-nya mirip dengan milik Windows. Anda juga bisa mengatur sendiri tampilan latar belakang, ikon, pengaturan, dan lain-lain menurut kebutuhan Anda sendiri.

Deepin

Deepin adalah distro yang merupakan buatan Cina yang didesain untuk menawarkan tampilan yang lebih bersih, dan memiliki kesan yang lebih modern serta menawan bagi pengguna Linux. Deepin adalah distro open source yang baru-baru ini menawarkan konfigurasi tampilan control center yang transparan dan blur untuk memberikan kesan glass look yang makin keren. Pengguna Deepin juga akan memiliki akses ke Deepin Store untuk menemukan aplikasi-aplikasi yang tidak ada di Ubuntu.

Solus OS

Solus memberikan keunggulan yang membuatnya jadi salah satu Linux distro dengan tampilan yang menawan di antara distro keren lainnya. Solus memberikan kesan tampilan yang lebih minimalis  dan lebih modern, membuatnya menjadi distro yang berkembang cukup pesat dalam waktu yang terbilang singkat. Solus menggunakan desktop environment Budgie tanpa menyertakan Shell dan belum lama ini menambahkan Snaps dari Ubuntu Snappy Store.

Chrome OS

Rekomendasi Linux distro terbaik selanjutnya adalah Chrome yang merupakan distro berbasis Gentoo Linux buatan Google. Chrome cocok untuk digunakan bagi Anda yang mencari distro dengan tampilan yang lebih rapi,  terutama untuk berselancar di internet dan melakukan pekerjaan yang berhubungan lekat dengan dunia web  serta untuk streaming.

tags: , , , , , ,