Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

Rekomendasi Text Editor Linux Terbaik Update 2019

Friday, April 12th 2019. | Artikel
Text editor linux

Text editor linux

Text editor  adalah perangkat lunak yang penting bagi pengguna Linux untuk kegiatan programming bagi para developers. Anda yang saat ini memiliki keahlian sebagai developers tentunya paham jika program text editor akan sangat memengaruhi cara kerja dan juga hasilnya. Di antara sekian banyak text editor yang ada saat ini, berikut adalah beberapa rekomendasi text editor terbaik baik yang sudah lama beredar maupun yang masih baru-baru seperti dilansir oleh Fossbytes.com.

Sublime Text

Sublime Text bukanlah nama asing dalam dunia pemrograman, ia dikenal sebagai text editor yang memiliki banyak fitur serta secara asli mendukung untuk menggunakan banyak macam bahasa pemrograman dan markup. Pengguna bahkan bisa mengembangkan fungsinya dengan menggunakan plugins yang dikelola di bawah lisensi yang gratis. Salah satu fitur terbaik dari Sublime Text adalah “Go to anything” yang memudahkan programmer untuk bernavigasi ke dokumen, baris-baris kode, maupun simbol.

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

Atom

Rekomendasi text editor selanjutnya adalah Atom yang merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh GitHub. Aplikasinya gratis digunakan oleh siapa saja dan bersifat open source dan memberikan pengalaman programming yang lebih modern bagi pengguna. Beberapa fitur utama yang ada di program text editor untuk Linux ini antara lain adalah pengeditan yang bisa dilakukan antar platform, package manager yang sudah ada di dalam aplikasi, smart autocompletion, fungsi find and replace, dan masih banyak lagi fitur lainnya. Yang asyik dari Atom adalah pengguna bisa melakukan kustomisasi sesuai dengan gaya dan kebutuhan.

Vim

Bagi programmer yang sudah lebih ahli bisa menggunakan Vim yang merupakan aplikasi text editor dengan fitur yang advanced dan didesain untuk menghasilkan program yang lebih tinggi performanya. Aplikasi ini digunakan sebagai antar muka command line sekaligus sebagai aplikasi yang berdiri sendiri di GUI. Karena fungsinya yang didesain untuk kebutuhan programmer yang lebih tinggi tingkatannya, programmer pemula mungkin akan kesulitan menggunakan aplikasi text editor ini meski hasilnya tidak akan mengecewakan.

Gedit

Kebalikannya dengan Vim, Gedit adalah text editor yang didesain untuk memberikan kemudahan kepada para penggunanya dengan cara kerja yang lebih simpel. Ia hadir dalam antar muka yang lebih bersih dan sederhana, ditulis menggunakan bahasa pemrograman C, dan memberikan dukungan penuh untuk teks internasional. Pengguna juga akan mendapatkan syntax highlighting untuk bermacam-macam bahasa pemrograman seperti C++, C, HTML, Java, XML, Python, Perl, dan lainnya.

GNU Emacs

GNU Emacs adalah salah satu text editor untuk Linux yang sudah lama beredar dan sampai sekarang masih jadi favorit bagi kebanyakan programmer di seluruh dunia. Tentu ada alasannya. Aplikasi ini ditulis menggunakan bahasa pemrograman C dan Lisp, gratis, dan bisa diekspansi menggunakan bahasa pemrograman Turing. Pengguna juga bisa mengintip dokumentasi serta tutorial serta disediakan berbagai macam ekstensi seperti debugger interface, surat, dan berita.

tags: , , , , , ,