Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

JavaScript Menjadi Bahasa Pemrograman Paling Populer Menurut Stack Overflow

Wednesday, April 17th 2019. | Artikel
Javascript

Javascript

Dari sekian banyak bahasa pemrograman yang ada yang mana yang paling banyak Anda gunakan untuk membuat sebuah perangkat lunak? Menurut Stack Overflow ternyata JavaScript adalah bahasa pemrograman yang paling populer digunakan saat ini. Setiap tahunnya Stack Overflow mengadakan survey yang berkaitan dengan programming dan hal-hal lain di sekitarnya. Survey dari Stack Overflow dianggap paling komprehensif karena itu tidak heran apabila hasil surveynya selalu dinanti setiap tahun. Untuk survey edisi tahun 2019, kali ini Stack Overflow melibatkan sekitar 90.000 developers dan hasilnya sudah bisa diakses.

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

JavaScript meraih suara lebih dari 60%

Dari hasil survey ditentukan 25 bahasa dan teknologi pemrograman paling populer di kalangan developers saat ini. Menduduki peringkat pertama adalah JavaScript yang digunakan oleh 67,8% responden menjadikannya bahasa pemrograman yang paling populer saat ini. Peringkat ini kemudian diikuti oleh Python yang digunakan sebanyak 41,7%. Tapi, jika mempertimbangkan hal yang lain tidak hanya sekedar bahasa pemrograman namun juga markup, dan juga scripting language maka peringkat kedua diduduki oleh HTML/CSS dengan 63,10% pengguna.

Kemudian yang masuk ke dalam peringkat 10 besar dengan pengguna  terbanyak selanjutnya diikuti oleh SQL, Python, Java, Bash/Shell/PowerShell, C#, PHP, TypeScript, dan C++. Dari ke-25 bahasa pemrograman yang tercantum, lima yang berada di posisi bawah adalah Rust, Dart, Elixir, Clojure, dan peringkat terakhir adalah WebAssembly dengan jumlah pengguna sebanyak 1,10%.

Python jadi yang paling banyak ditanyakan

Meski tidak masuk ke dalam isi laporan survey edisi tahun 2019 namun ada yang menarik dari yang ditemukan oleh Global App Testing Report yang menyatakan bahwa Python adalah bahasa pemrograman yang paling banyak ditanyakan di Stack Overflow, lebih banyak jika dibandingkan dengan JavaScript. Laporan ini dirilis akhir bulan Maret lalu di mana penelitian dilakukan dengan menganalisa 11 bahasa pemrograman yang paling populer di Stack Overflow. Bahasa pemrograman yang diteliti adalahJavaScript, Python, R, Ruby, C#, C++, Java, Objective-C, Swift, PHP, dan SQL.

Sebelumnya JavaScript adalah bahasa pemrograman yang paling banyak ditanyakan dengan jumlah pertanyaan sampai 1,75 juta dalam waktu satu dekade. Baru pada tahun 2019 kemudian Python menyalip JavaScript yang mengalami penurunan angkan pertanyaan sedangkan Python mengalami peningkatan dari tahun ke tahun secara kontinyu. Pertanyaan yang paling banyak ditanyakan mengenai Python adalah hal yang berhubungan dengan “Django”, sedangkan jQuery adalah topik yang paling banyak ditanyakan mengenai JavaScript.

Dengan meningkatnya minat para developers  mengenai Python ini bisa jadi tanda bahwa Python memiliki potensi untuk menjadi bahasa pemrograman paling populer alias paling banyak digunakan di masa mendatang atau Python memiliki porsi coders baru yang lebih banyak dibandingkan dengan bahasa pemrograman yang lain.

tags: , ,