Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

Rilisan Update Perangkat Lunak Linux Minggu Ini

Thursday, April 18th 2019. | Artikel
Rilisan Update Perangkat Lunak Linux

Rilisan Update Perangkat Lunak Linux

Seminggu belakangan pengguna Linux mendapatkan berbagai macam update untuk macam-macam perangkat lunak hingga peluncuran aplikasi baru bagi Anda yang suka gambar-gambar digital. Apa saja yang baru di dunia per-Linux-an minggu ini? Bisa jadi di antara updates berikut adalah perangkat lunak yang Anda gunakan.

DeaDBeeF 1.8.0
DeaDBeeF adalah aplikasi pemutar musik open source yang terakhir kali mendapatkan –pdate-nya 3 tahun lalu. Karena sudah lama tidak diperbarui, wajar jika update yang diberikan cukup signifikan. Misalnya dukungan untuk 32-bit, serta menawarkan build eksperimental untuk Windows. Fitur-fitu yang jadi highlight dari update DeaDBeeF paling baru ini adalah dukungan Opus, ReplayGain Scanner, pembacaan tagar MP4 yang lebih baik, bisa menambilkan album art dari data MP4 yang sudah tersedia, dan berbagai macam fitur lainnya. DeaDBeeF adalah pemutar musik yang memiliki kerja yang cepat, bisa dikonfigurasikan antar mukanya, dan bisa memainkan berbagai macam format audio. Perangkat lunak ini juga menyediakan fitur audio converter yang user friendly.

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

GIMP 2.10.10
GIMP adalah salah satu aplikasi editor grafis yang paling populer di dunia dan kini versi barunya sudah hadir yang memberikan perubahan cukup besar pada aplikasi ini. Update versi 2.10.10 membawa peningkatan pada fitur-fitur GIMP serta peningkatan dari tool yang ada di dalamnya. Di antara fitur-fitur yang ditingkatkan antara lain adalah pendeteksi line art di Bucket Fill, opsi sample merged di Heal, brush dan pembuatan pola yang lebih mudah dan mulus alurnya, penyimpanan atau ekspor grafis yang lebih cepat, dan masih banyak lagi lainnya. Anda bisa mengunduh GIMP baru di Flathub, atau menambahkan GIMP PPA dari Otto Kesselgulasch di sources aplikasinya jika Anda menggunakan Ubuntu 16.04 LTS ke atas.

OpenRazer 2.5.0
OpenRazer adalah open source driver dan tool untuk mengelola dan melakukan konfigurasi pada perangkat gaming dari Razer di Linux distro seperti Ubuntu misalnya. Update terbarunya menambahkan dukungan untuk laptop Razer Blade 15 Mercury dan juga Stealth  termasuk perangkat gaming Razer seperti misalnya Razer Abyssus 2000 dan Razer DeathAdder 3500. Aplikasi ini juga memberikan dukungan untuk perangkat keyboard seperti Razer Huntsman Elite dan mouse mats Goliathus. Anda bisa menemukan info lebih lanjut mengenai apa saja yang baru dari OpenRazer melalui Linux Anda dengan membuka halaman OpenRazer yang resmi di Github.

Drawing
Yang satu ini adalah aplikasi baru untuk menggambar digital yang mudah digunakan dan bisa Anda dapatkan di Flathub. Drawing dibuat oleh Romain “maoschanz” F. Ts, yang memiliki cara kerja gabungan antara Microsoft Paint dengan Flameshot.  Aplikasi ini memudahkan pengguna untuk menambahkan teks, mengisi gambar dengan berbagai macam bentuk dan elemen, cropping, scaling, rotating, dan berbagai macam fitur dasar menggambar lainnya. Drawing memang tidak dibuat untuk menjadi aplikasi editor yang komprehensif seperti GIMP namun jika Anda butuh editing tool yang cepat dan mudah maka Drawing bisa jadi aplikasi yang praktis.

tags: , , ,