Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

Sebelum Rilis Tahun 2020 Nanti, Inilah Fakta Penting USB 4 yang Wajib Anda Ketahui Sekarang

Tuesday, March 12th 2019. | Artikel
USB 4

USB 4

Mengingat asal mulanya yang dulu sekadar sebuah port yang lebih baik untuk menancapkan kabel printer atau mouse ke PC Anda, USB saat ini telah berkembang sangat jauh. Dan dengan kehadiran USB 4 di depan mata pada tahun 2020 besok, produk ini akan dibekali dengan teknologi yang lebih canggih.

Setelah diumumkan pada awal Maret 2019, USB 4 diketahui memiliki kemampuan transfer data yang jauh lebih superior, yang mencapai 40 gigabit per detik. Kecepatan itu adalah sebesar dua kali lipat dibandingkan USB 3.2 yang beredar sampai saat ini. Belum lagi, masih ada kemajuan lainnya karena USB 4 akan mendapatkan teknologi Thunderbolt dari Intel.

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

Kecepatan transfer data yang tinggi itu jelas akan sangat memanjakan para pengguna yang sering melakukan pekerjaan yang bersifat data-heavy, misalnya mengedit video yang tersimpan di dalam hard drive eksternal atau, atau mereka yang menggunakan beberapa monitor 4K sekaligus. Di samping itu, keberadaan USB 4 pun idealnya mampu meningkatkan kemampuan docking station yang menggunakan port tunggal pada laptop untuk terhubung ke berbagai perangkat, seperti monitor dan kabel jaringan.

Terlepas dari kecepatan transfer data yang super tinggi itu, sayangnya tidak semua perangkat bisa mengakomodasinya. Sebagai contoh, perangkat seperti smartphone bisa jadi hanya akan mendukung kecepatan yang lebih rendah. Meski begitu, hal itu diperkirakan tidak akan mengganggu aktivitas pengguna karena toh smartphone saat ini memang tidak untuk digunakan untuk dihubungkan dengan berbagai perangkat seperti monitor.

Lantas, apakah USB 4 hanya akan mengandalkan kecepatan transfer yang tinggi? Tentu saja tidak. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, USB 4 akan mendapatkan polesan dari Thunderbolt, yang membuat performanya nanti justru akan jadi makin top. Berkat teknologi Thunderbolt, USB 4 nantinya akan mudah digunakan sekalipun untuk memutar video yang perlu dijalankan dengan TV atau monitor eksternal lainnya, serta data yang saling dipertukarkan dengan external drive, flash card reader, maupun jenis perangkat lainnya. Hal ini berarti bahwa para pengguna nantinya akan bisa menjalankan berbagai display serta aplikasi data pada saat yang bersamaan dengan penggunaan USB 4.

Belum lagi, USB 4 nanti akan cukup kuat untuk mengakomodasi kebutuhan Anda dalam menghubungkan external graphic card dengan laptop, serupa seperti yang bisa Anda lakukan dengan menggunakan Thunderbolt saat ini. Keuntungan yang satu itu jelas akan sangat bermanfaat bagi para gamer, editor video, serta fotografer yang menginginkan graphics power yang lebih besar dibandingkan apa yang selama ini graphics chips pada laptop bisa sediakan.

Nah, kapan USB 4 akan resmi dirilis? Para perusahaan yang berpartisipasi dalam pengembangan USB, alias USB-IFatau USB Implementers Forum, berencana untuk merilis detail tentang USB 4 menjelang pertengahan tahun 2019. Sementara itu, perilisan USB 4 perlu menunggu 12 sampai 18 bulan, atau setidaknya pada paruh kedua tahun 2020.

tags: , , ,