Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

Google Meluncurkan Dua Aplikasi Untuk Penyandang Tunarungu Dan Gangguan Pendengaran

Sunday, March 10th 2019. | Artikel
Dua Aplikasi Untuk Penyandang Tunarungu Dan Gangguan Pendengaran

Dua Aplikasi Untuk Penyandang Tunarungu Dan Gangguan Pendengaran

Anda adalah penyandang disabilitas yang memiliki kemampuan pendengaran terbatas? Atau punya saudara atau kenalan yang memiliki keterbatasan pendengaran baik yang sudah tunarungu atau kesulitan mendengar? Ada angin segar bagi para penyandang disabilitas gangguan pendengaran yang ingin lebih maksimal menggunakan ponsel pintarnya. Karena Google telah meluncurkan dua aplikasi yang bisa digunakan untuk membantu penyandang gangguan pendengaran berkomunikasi dengan orang lain dengan lebih lancar.  Targetnya adalah orang dengan kemampuan pendengaran yang rusak sama sekali dan gangguan pendengaran yang terganggu namun masih bisa mendengar suara pada volume tertentu. Dua aplikasi tersebut adalah Live Transcribe dan Sound Amplifier.

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

Di mana bisa dapat aplikasinya?

Duo aplikasi pembantu pendengaran Live Transcribe dan Sound Amplifier akan tersedia di Google Play dalam waktu dekat. Sound Amplifier bisa diunduh di Google Play Store dan akan menjadi aplikasi bawaan untuk perangkat Pixel 3, sedangkan Live Transcribe saat ini sudah bisa Anda unduh tapi masih dalam proses pengembangan jadi Anda bisa nantikan update selanjutnya, sedangkan versi awalnya sudah bisa Anda coba terlebih dahulu. Nantinya Live Transcribe juga akan tersedia sebagai aplikasi bawaan pada perangkat Pixel 3.

Dua aplikasi ini memiliki spesifikasi fungsi yang berbeda namun keduanya bisa digunakan untuk membantu para penyandang gangguan pendengaran lebih mudah berkomunikasi dengan orang lain. Live Transcribe bekerjas sebagai sarana yang bisa membuatkan transkripsi sehingga orang dengan gangguan pendengaran bisa membaca informasi yang disampaikan secara audio. Sedangkan Sound Amplifier memiliki cara kerja sebagai peningkat kebeningan dan juga volume suara yang lebih ditujukan untuk orang dengan gangguan pendengaran sebagian.

Fitur yang dimiliki Live Transcribe

Pengguna yang menggunakan Live Transcribe nantinya akan mendapatkan subtitle yang diberikan secara real time dari speech input dan tersedia dalam 70 bahasa. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk percakapan dua arah di mana teks yang diketik akan dibacakan menggunakan suara kepada lawan bicara. Aplikasi juga bisa dihubungkan dengan mic tambahan agar speech input yang masuk ke dalam aplikasi bisa dibuat transkripnya dengan lebih akurat.

Fitur yang dimiliki Sound Amplifier

Aplikasi ini sebenarnya sudah mulai diperkenalkan Google sejak tahun 2018 lalu namun wujud dan fiturnya baru mulai benar-benar ditunjukkan baru-batu ini.  Cara menggunakan aplikasi ini adalah dengan memasangkan headphone berkabel pada perangkat, kemudian jalankan aplikasi untuk menyaring suara serta meningkatkan volumenya sehingga penyandang gangguan pendengaran sebagian bisa mendengar lebih jelas apa yang dikatakan orang atau apa yang sedang terjadi di sekitarnya. Aplikasi ini diklaim bisa meningkatkan volume dari suara yang sunyi tanpa membuat suara yang keras jadi terasa berlebihan dan memekakkan telinga. Pengguna juga bisa mengatur kualitas suara dengan meminimalisir background noise yang mengganggu.

tags: , , ,