Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

Wow, Layanan Video Chat dari Google Duo Sekarang Bisa Dinikmati di Web!

Wednesday, March 13th 2019. | Artikel
Google Duo

Google Duo

Perkembangan teknologi dalam bidang komunikasi saat ini mempermudah siapapun untuk terhubung dengan orang-orang terdekat. Dan saat ini, ketika panggilan telpon atau bertukar pesan saja sudah tak lagi cukup, masyarakat di berbagai lokasi di penjuru dunia bisa mengobrol dengan mudah seolah sedang bertatap muka langsung berkat adanya teknologi video chat alias obrolan video.

Saat ini, ada berbagai aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan obrolan video, seperti Google Duo yang dikembangkan dan dirilis oleh Google, salah satu raksasa teknologi di dunia. Google Duo yang merupakan salah satu layanan dari Google yang paling muda ini biasanya dapat Anda gunakan lewat perangkat mobile Anda, seperti smartphone.

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

Meski demikian, rupanya kesuksesan Google Duo sejauh ini sebagai salah satu aplikasi favorit para pengguna smartphone tidak lantas membuat perusahaan induknya berpuas hati. Hal ini dibuktikan dengan dikembangkannya Google Duo untuk layanan web, yang artinya para pengguna bisa menikmati layanan Google Duo pada berbagai pilihan perangkat yang lebih banyak.

Seperti yang barangkali sudah Anda ketahui, Google Duo yang merupakan balasan Google atas FaceTime produksi Apple sebelumnya hanya tersedia untuk perangkat Android, iOS, dan Chromebook. Dan belum lama ini, Google akhirnya mulai menawarkan layanan untuk obrolan video ini kepada para pengguna berbasis web, yang kelak akan menambah angka pengguna layanan Google Duo secara signifikan di masa depan.

Aplikasi Google Duo nan sederhana ini pertama kali diperkenalkan Google pada konferensi I/O di tahun 2016, bersamaan dengan Ai alias artificial intelligence aplikasi perpesanan bernama Allo. Dan sekitar tiga tahun setelah diperkenalkan untuk pertama kalinya, Google mengumumkan pada bulan Desember 2018 silam bahwa program Allo sudah dihentikan, sementara Google Duo akan memperluas daya jangkauan layanannya.

Apabila Anda masih belum menggunakan Google Duo sampai saat ini, Anda tak perlu bingung karena layanan obrolan video ini sangat mudah untuk digunakan. Untuk versi web-nya sendiri, Anda hanya akan perlu mengunjungi laman duo.google.com. Bagi para pengguna yang sudah memiliki akun di Google Duo, maka mereka akan bisa melihat sebuah kotak berisikan daftar kontak di dalamnya begitu mengakses alamat tersebut. Sedangkan bagi para pengguna baru, akan ada undangan untuk mendaftarkan akun baru hanya dengan melakukan verifikasi nomor telepon yang digunakan.

Web client milik Google Duo mampu mendukung panggilan suara maupun video, yang sama-sama hanya bisa diakses oleh para pengguna yang sudah terdaftarkan. Untuk versi web-nya, Google Duo dapat digunakan pada mesin perambah Chrome, Firefox, maupun Safari. Meski begitu, sayangnya layanan ini belum dapat digunakan oleh para pengguna Edge keluaran Microsoft. Di samping itu, layanan ini pun tidak akan bisa langsung digunakan di seluruh negara, yang artinya baru akan dapat diakses oleh seluruh pengguna di penjuru dunia secara bertahap.

tags: ,