Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

Saingi Google Drive, Firefox Luncurkan Layanan Firefox Send yang Lebih Aman

Wednesday, April 3rd 2019. | Artikel
Firefox Send

Firefox Send

Belum reda riuh Firefox 66, Mozilla kembali membuat gebrakan dengan meluncurkan layanan pengiriman file seperti Google Drive, bernama Firefox Send.

Pesaing Berat Google Drive yang Super Aman

Firefox Send merupakan layanan file-transfer yang dirilis guna meruntuhkan dominasi Google Drive dan Dropbox. Layanan ini memungkinkan pengguna bisa mengirim file berukuran besar ke sesama pengguna Firefox Send melalui jalur yang aman di peramban apa saja. Layanan ini diklaim aman karena memanfaatkan fitur end-to-end encryption dimana file yang dikirim tak bisa diakses oleh pihak luar selain pihak yang memiliki izin dari si pengunggah file tersebut.

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

Mozilla juga melengkapi layanan Firefox Send dengan fitur keamanan ekstra yang memungkinkan pengunggah file melindungi file yang akan ditransfer. Fitur ekstra ini mencakup batas waktu masa berlakunya link file unggahan, pembatasan jumlah download file yang diunggah serta penerapan password untuk akses file unggahan. Sementara itu, ukuran file yang bisa diunggah menggunakan layanan ini bisa mencapai 1 GB untuk pengguna layanan non-berbayar. Sedangkan pengguna berbayar bisa mengunggah file hingga berukuran lebih besar sekitar 2,5 GB.

Proses Pengunggahan File yang Mudah

Untuk mengunggah file ke Firefox Send, Anda bisa menggunakan menu “Select files to upload” yang ada di halaman utama Firefox Send. Atau bisa juga menggunakan opsi “Drag and drop files” untuk pengunggahan file yang lebih praktis. Setelah memilih file yang hendak diunggah, kemudian atur pilihan yang tersedia, mulai dari masa berlaku link unggahan atau pembuatan password tambahan sehingga file tak bisa diakses siapapun. Kalau sudah, lalu klik “Upload”.

Proses upload file akan memakan waktu beberapa saat. Kemudian setelah selesai Anda akan diberi link unduhan file yang sudah diupload sebelumnya. Link unduhan inilah yang Anda bagikan kepada pengguna Firefox Send lainnya agar bisa mengunduhnya.

Tak Terintegrasi dengan Sistem Operasi

Secara default durasi file unggahan akan tersimpan selama maksimal 24 jam atau 7 hari. Tak seperti layanan penyimpanan dan file-transfer Dropbox, OneDrive atau Google Drive, Firefox Send tak terintegrasi dengan sistem operasi dari alat yang Anda gunakan. Bahkan layanan ini tak terintegrasi dengan aplikasi Firefox yang terpasang di komputer. Namun, pengguna bisa membuat bookmark ke send.firefox.com untuk mencegah masuk ke Firefox Send secara manual melalui browser.

Hingga saat ini Firefox Send bisa dipakai di browser apa saja di komputer desktop. Mozilla juga merencanakan layanan ini akan tersedia dalam versi aplikasi Android sehingga bisa dipakai di smartphone. Ketersediaan aplikasi Android Firefox Send versi beta direncanakan mulai bisa diakses dalam beberapa minggu ke depan. Layanan file-transfer Firefox Send diharapkan bisa menjadi alternatif mengirim file di internet selain melalui email dengan kemudahan pengoperasian berkat antarmuka yang sederhana serta fitur keamanan yang lengkap.

tags: ,