Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

Bikin Penasaran, Ini Fitur Terbaru yang Ada di Google Chrome 73

Thursday, April 4th 2019. | Artikel
Google Chrome 73

Google Chrome 73

Google Chrome 73 merupakan versi pembaruan peramban Chrome yang dibekali dengan beberapa fitur menarik. Apa saja fitur menarik tersebut?

Dukungan Multimedia di Laptop Maupun Desktop

Fitur terbaru yang disematkan ke dalam Google Chrome 73 dan paling ditunggu oleh pengguna Chrome yakni dukungan resmi kunci multimedia bagi pengguna laptop maupun keyboard PC desktop. Dukungan yang semula diluncurkan hanya untuk Chrome OS, Windows dan macOS tersebut akan bisa diakses pula oleh pengguna sistem operasi Linux. Fitur dukungan resmi kunci multimedia merupakan fitur yang memungkinkan pengguna mengendalikan musik dan video pada browser langsung melalui keyboard.

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

Mulanya kemampuan tersebut bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi pihak ketiga. Tapi, Chrome 73 akan menghilangkan kebutuhan akan aplikasi pihak ketiga tersebut sehingga pengguna bisa langsung mengendalikan opsi kunci “play”, “pause”, “track sebelumnya,” “pencarian maju,” dan “pencarian mundur.” Penekanan tombol dilakukan pada level browser bukan level tab. Itu artinya, tombol pengendalian pemutaran media bisa digunakan meski peramban sedang diminimalkan di background.

Uji Coba Mode Gelap (Dark Mode) Untuk Smartphone

Tak hanya kunci pengendalian multimedia, Google Chrome 73 beta juga menjadi versi awal dari Google Chrome mode gelap untuk Android. Mode gelap Chrome 73 ini masih berupa versi awal yang dikembangkan setelah Google mengerjakan antarmuka untuk mode gelap di Windows dan Mac. Jadi, sangat wajar jika Google masih membutuhkan waktu untuk mengembangkan gagasan mode gelap yang tergabung ke aplikasi maupun platformnya.

Mode gelap Google Chrome merupakan fitur pada Android yang memungkinkan layar semakin mudah dilihat dan lebih hemat baterai. Mode gelap Chrome 73 bisa dimunculkan apabila pengguna menekan tautan dan gambar dalam waktu cukup lama pada pengaturan ModePie Android Gel selalu aktif. Meski fitur tersebut belum dijamin melewati versi beta, masih ada peluang bagus mode ini akan dihadirkan.

Hal ini mengingat di masa depan pengguna akan melihat lebih banyak elemen di peramban dalam warna yang lebih gelap. Google kini lebih condong mengembangkan tema mode gelap baik untuk aplikasi komputer maupun Android karena dipandang memiliki banyak manfaat. Mode gelap memungkinkan penghematan daya baterai secara signifikan serta lebih ramah di mata.

Tambahan Fitur Gesture

Di samping itu, Google juga berencana menambahkan fitur Navigation Gesture pada Google Chrome versi Android. Navigation Gesture yang menyerupai fitur gesture di iOS ini memungkinkan pengguna untuk melakukan scrolling maju, mundur, ke kanan dan ke kiri melalui menu Browsing History. Salah satu perintah yang sudah ditawarkan adalah gerakan vertikal di Google Chrome Android untuk melakukan refresh.

Masih ada banyak hal yang perlu dikerjakan untuk menyempurnakan Navigation Gesture. Fitur ini juga masih membutuhkan pengujian nan solid lantaran ada beberapa situs versi mobile yang hanya bisa dioperasikan menggunakan gerakan swipe kanan dan kiri. Nantinya, fitur Navigation Gesture ini akan disematkan di aplikasi Google Canary Android dan diaktifkan menggunakan flag.

 

tags: , , ,