Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

Update WordPress Terbaru Mengharuskan Pengguna Untuk Update PHP Juga

Sunday, April 7th 2019. | Artikel
wp update 52

wp update 5.2

WordPress berencana untuk merilis update paling barunya yaitu versi 5.2 pada akhir bulan April ini. Selain memberikan fitur baru bagi para pengguna WP, ada syaratnya untuk pengguna yang ingin bisa menikmati fitur dan perbaikan yang ada pada versi 5.2 yaitu versi PHP yang digunakan harus minimal 5.6.20. Anda yang sudah menggunakan WP versi 5.1 dan masih menggunakan PHP versi yang lama tentunya sudah mendapatkan pemberitahuan di dashboard masing-masing bahwa PHP versi 5.6 ke bawah tidak bisa menikmati update baru yang ada di WP versi 5.2. Terkait dengan hal ini WordPress melaporkan dalam halaman resminya bahwa jumlah pengguna yang melakukan update untuk versi PHP-nya makin bertambah.

Dijelaskan oleh WordPress bagi pengguna yang situsnya masih menggunakan PHP versi yang lama maka WP tidak akan menawarkan update 5.2 untuk mereka. Bagi pengguna yang melakukan usaha untuk melakukan instalasi WP 5.2 secara manual maka update yang dilakukan akan gagal. Dengan begitu tidak ada pilihan lain bagi pengguna WP yang ingin situsnya berjalan di mesin WP yang paling baru harus update juga PHP-nya.

Siap-siap untuk update PHP minimal versi 7+

Meski versi minimum yang diijinkan oleh WP adalah PHP ver. 5.6.2, direkomendasikan bagi pengguna untuk menggunakan versi paling baru dari PHP yaitu ver. 7.3 yang merupakan versi PHP paling cepat untuk meningkatkan kecepatan akses situs baik bagi pemilik maupun bagi pengunjung. Menggunakan versi PHP yang paling baru juga diklaim lebih ramah lingkungan karena akan meminimalisir penggunakan server sehingga sumber daya energi yang digunakan pun lebih kecil.

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

Rekomendasi langsung meng-update PHP ke versi 7,3 juga karena sebentar lagi PHP versi 5.6.2 tidak akan berlaku lagi bagi update WordPress. Seperti yang dikatakan oleh WordPress, sekarang mungkin adalah peningkatan versi PHP yang disyaratkan sejak tahun 2010 tapi kemungkinan bukan yang terakhir untuk tahun 2019. Tim dari WordPress akan terus melakukan pengawasan dan pengujian dan memiliki wacana untuk menjadikan PHP versi 7+ adalah versi minimum yang disyaratkan untuk bisa mengoperasikan WordPress versi baru.

Belum lama ini WordPress sebenarnya baru merilis versi barunya yaitu 5.1.1 pada bulan Maret 2019 namun nampaknya update akan terus dikebut karena versi 5.2 direncanakan akan dirilis pada akhir bulan April ini. Versi 5.2 menjanjikan update terbaru untuk block editor yang merupakan salah satu fitur utama yang ada di versi 5+ dari mesin WordPress. Salah satu fitur andalan yang akan ada pada versi 5.2 adalah pendeteksi fatal error yang lebih ditingkatkan kualitasnya yang tadinya ada di versi 5.1 namun kemudian dicabut karena ingin dibuat lebih aman oleh tim WP. Selain itu bulan Maret lalu WordPress juga pamer bahwa mesinnya menjadi penggerak dari 1/3 situs online dari 10 juta situs online yang ada saat ini.

tags: , , , ,