Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

Resmi Dirilis, Firefox 66 Diklaim Efektif Block Autoplay Video yang Sering Bikin Jengkel

Tuesday, April 2nd 2019. | Artikel
Autoplay Video

Autoplay Video

Sering mendapati video yang autoplay ketika membuka halaman website? Dengan Firefox 66 terbaru, Anda tak perlu lagi mengalami hal ini.

Firefox 66 Efektif Blokir Autoplay Video

Mozilla resmi merilis seri update dari Firefox yakni Firefox 66 pada Selasa (19/3/2019) lalu. Browser yang diperkenalkan pada Februari lalu ini diklaim mampu mengurangi keluhan yang sering muncul ketika melakukan browsing. Firefox versi terbaru ini didesain mampu menghalangi autoplaying video secara default serta membuat pengalaman menjelajahi halaman website semakin mulus.

Biasanya ketika kita membuka halaman website berkonten video, koneksi akan terasa lambat atau berat. Hal ini tentu membuat pengunjung website frustasi karena tak bisa mengakses konten dengan cepat bahkan harus menunggu beberapa saat agar halaman website bisa tampil secara utuh. Umumnya hal ini sering dialami ketika membuka halaman website berita online.

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

Dengan kemampuan menghalangi autoplay video secara default, Anda akan memiliki kuasa penuh untuk menentukan mana halaman website yang boleh menjalankan autoplay dan mana yang tidak. Sebagai contoh, untuk mengaktifkan autoplay pada situs video online seperti Youtube dan Netflix, cukup menambahkan alamat website tersebut ke daftar website yang diizinkan autoplay. Caranya dengan membuka alamat website tersebut, kemudian masuk ke halaman pusat kendali (control center) melalui “i” yang terletak di sebelah address bar.

Anda bisa memeriksa dibawah Permissions dan memilih Allow pada menu drop-down yang muncul untuk mengatur website agar memainkan video dengan suara atau tanpa suara. Meski begitu, tak semua website bisa dibatasi autoplay videonya. Ada website tertentu yang tetap memainkan video secara otomatis walau sudah diatur sedemikian rupa tak autoplay video. Tapi, Anda tetap bisa mengatur video tersebut tak mengeluarkan suara (mute) demi kenyamanan berselancar di dunia maya.

Sebagai tambahan pengaturan autoplay video, Firefox 66 sudah dilengkapi dengan kemampuan mengunci scroll. Fitur ini sangatlah penting untuk menjaga pointer website agar tak berubah atau melompat ke bagian lain akibat dari adanya iklan di website. Menurut Mozilla, website akan mengingat posisi terakhir di mana Anda melakukan scrolling terakhir kali kemudian melambatkan loading gambar sehingga iklan tak mengganggu alur browsing.

Meningkatkan Pengalaman dan Keamanan Menjelajah Internet

Meningkatkan kemampuan pada Firefox 66 juga terasa ketika melakukan browsing. Browsing kini terasa lebih cepat dan mudah ketika membuka beberapa tab sekaligus. Bahkan Anda bisa mencari alamat website lebih mudah melalui menu drop-down yang muncul setiap kali banyak halaman website dibuka bersamaan.

Tak hanya itu saja, mode  InPrivate Browsing juga turut ditingkatkan. Mode ini kini memiliki desain search bar sama dengan mesin pencari yang sering Anda gunakan sehingga terasa familier. Selain itu, peringatan keamanan, dukungan otentikasi website untuk Windows Hello serta ekstensi browser yang lebih baik juga turut dimasukkan ke dalam pengaturan Firefox 66 terbaru.  

tags: ,