Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

Rekomendasi Business Intelligence Tools Terbaik 2019

Monday, July 15th 2019. | Artikel
Business Intelligence

Business Intelligence

Perkembangan teknologi dan tersedianya berbagai macam tools yang digunakan dalam mengelola bisnis membuat data kini bisa didapatkan dan dikumpulkan dengan lebih mudah. Data-data yang berhubungan dengan aspek pemasaran, penjualan, hingga aspek sumber daya manusia dan aset perusahaan, semuanya bisa dikumpulkan dengan menggunakan platform teknologi tertentu yang digunakan perusahaan.

 Masalahnya banyak yang kesulitan dalam mengelola data tersebut menjadi sebuah bahan material yang bisa berguna bagi menjalankan strategi bisnis. Inilah gunanya menggunakan aplikasi business intelligence untuk bisnis Anda yang tidak hanya bisa melihat secara spesifik detil dari operasi bisnis tetapi juga menyatukan informasi dari berbagai macam angle agar bisa menjadi kesatuan sehingga data bisa menjadi analisa insights yang bisa memprediksi dan meningkatkan performa dari bisnis Anda. Berikut adalah aplikasi business intelligence terbaik untuk tren bisnis di tahun 2019. 

 

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

 

Zoho Analytics
Zoho adalah nama yang sudah memiliki reputasi cukup baik dalam menyediakan berbagai macam tools berbasis web untuk bisnis. Zoho Analytics bisa mengumpulkan data dari berbagai macam sumber yang kemudian bisa dikelola dengan menggunakan rumus-rumus matematika dan statistik lalu disajikan dalam data yang informatif dan terlihat menarik secara visual sehingga lebih mudah untuk dipresentasikan atau diterjemahkan menjadi strategi bisnis yang lebih jitu. Zoho Analytics memiliki kelebihan antar muka yang simpel dan mudah digunakan, tersedia masa percobaan gratis selama 15 hari, dan paket paling murah bisa digunakan 2 orang dengan tagihan yang diberikan setiap satu tahun.

Microsoft Power BI
Tidak seperti kebanyakan business tools lain yang berbasis web, Microsoft menyediakan tools yang bisa diunduh sehingga penggunanya bisa menggunakan business tools via cloud. Pengguna bisa mendapatkan data yang dikumpulkan dari ratusan database termasuk aplikasi dari Microsoft dan juga external database lainnya secara gratis selama masa percobaan 60 hari. Jika pengguna ingin menggunakan Power BI sendirian maka ia bisa memilih paket yang gratis, jika ingin ada fitur kolaborasi dengan pengguna Power BI lain maka  setelah masa ujicoba selesai biaya berlangganan per bulan sangat terjangkau tidak sampai $10 per bulan.

Tableau Desktop
Tableau Desktop menawarkan cara kerja yang lebih simpel dengan antar muka drag and drop sehingga pengguna bisa dengan lebih cepat mendapatkan data tren bisnis yang penting dan bisa segera disajikan. Data bisa dikumpulkan dari berbagai macam sumber seperti kebanyakan business intelligence tools terbaik lainnya termasuk data dari Microsoft Excel, Google Analytics, Box, dan PDF. Dari segi harga, Tableau Desktop memang lebih mahal dibandingkan dengan rekomendasi BI lainnya namun ia dilengkapi dengan platform Tableau Prep.

Dundas
Dundas adalah business intelligence tools berbasis browser dengan pengalaman sudah lebih dari 25 tahun dan disukai karena kesederhanaan penggunaannya. Perangkat ini didesain untuk mengubah informasi data menjadi bentuk analisa visual dengan cara operasi yang sangat mudah sehingga pengguna tidak harus menggunakan jasa orang IT untuk menganalisa data. Pengguna bahkan bisa menggunakan Dundas via perangkat mobile, dan tersedia versi ujicoba gratis selama 45 hari. 

tags: ,