Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

Fitur Baru Untuk Google My Business Untuk Eksposur Bisnis Lokal

Sunday, July 14th 2019. | Artikel
Fitur Baru Promosikan Bisnis Lokal

Fitur Baru Promosikan Bisnis Lokal

Menutup platform media sosial Google+ untuk publik bukan berarti Google menyerah untuk menambahkan fitur-fitur sosial pada produk layanan yang dimilikinya. Seperti yang dilakukan Google untuk layanan Google My Business yang memudahkan para merchant atau pengusaha lokal untuk bisa tampil di hasil pencarian lokal tanpa harus mengeluarkan banyak dana untuk bergabung dengan layanan iklan Google seperti yang dilakukan oleh pengusaha dan perusahaan besar. Google menambahkan fungsi sosial pada hasil pencarian bisnis lokal yang dilakukan oleh audiens yang dibuat dengan tujuan untuk memaksimalkan eksposur yang didapatkan oleh bisnis lokal dari hasil pencarian. 

Fitur “welcome offers”
Ketika audiens mengetikkan kata kunci yang mengarah pada bisnis lokal tertentu, misalnya mengetikkan lokasi pada pencarian maka kemungkinan besar audiens tersebut memiliki keinginan yang besar untuk membeli produk dari tempat usaha yang muncul dalam hasil pencarian. Oleh karena itu untuk memberikan dorongan dan memperbesar peluang terjadinya konversi, Google memberikan fitur welcome offers yang memungkinkan merchant untuk memberikan penawaran khusus bagi audiens yang melakukan engagement terhadap merchant tersebut.

 

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

 

URL custom
Merchant bisa mengklaim nama yang pendek dan juga nama URL yang bisa digunakan merchant untuk mereferkan audiens masuk ke halaman profil atau landing page tertentu. Dengan nama-nama yang lebih pendek tentunya akan lebih memudahkan audiens dalam mengingat dan mencari mengenai usaha bisnis tersebut di Google. Selain itu Google juga melakukan uji coba untuk pencarian tempat usaha di Google Maps dengan menggunakan nama pendek saja.

Opsi untuk tampilan visual
Ketika merchant mengunggah foto ke akun Google My Business miliknya, maka foto tersebut akan muncul secara otomatis pada profil merchant. Merchant juga bisa mengunggah foto logo resmi yang akan ditampilkan di sebelah foto profil. Dengan begitu audiens bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap secara visual karena tempat usaha yang memiliki foto biasanya mendapatkan kepercayaan yang lebih baik dibandingkan dengan tempat usaha yang tidak menampilkan foto resmi.

Material untuk promo secara offline
Google menyediakan material yang bisa diunduh dan digunakan oleh para pengusaha bisnis lokal dalam bentuk aset-aset yang bisa didesain sesuai dengan kebutuhan usaha. Aset yang dimaksud adalah stiker yang kemudian bisa digunakan pengusaha bisnis lokal untuk mempromosikan bisnisnya agar lebih banyak bookings, lebih banyak orang yang mem-follow profil Google My Business mereka, dan juga agar makin banyak konsumen yang menuliskan ulasannya di Google. 

Fitur-fitur lain yang akan ditambahkan Google My Business dalam waktu dekat ini adalah adanya tab baru di Maps yang akan memudahkan pengguna untuk mendapatkan update yang paling baru mengenai bisnis-bisnis yang relevan dengan penggunaan. Google juga membuat merchant bisa dengan lebih mudah membuat pengumuman singkat dan simpel jika ada yang baru di bisnis mereka, dan beberapa fitur sosial tambahan lainnya. 

tags: