Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

Google Berikan Banyak Fitur Baru Untuk Promosikan Bisnis Lokal

Saturday, July 13th 2019. | Artikel
Fitur Baru Promosikan Bisnis Lokal

Fitur Baru Promosikan Bisnis Lokal

Sebagai mesin pencari nomor satu di dunia, Google terus mengembangkan peluang bagi para pengusaha untuk bisa meraih perhatian konsumen sebanyak-banyaknya, serta meningkatkan pengalaman para konsumen untuk mencari produk yang diinginkan melalui Google. Maka dari itu pada musim ini Google membawa serangkaian fitur baru yang bisa menguntungkan para ritel untuk menarget konsumen yang hobi berburu barang pada musim-musim belanja tertentu dengan berbagai macam diskon dan potongan harganya yang besar-besaran. Sebagian dari fitur untuk ritel ini sudah dijalankan dan ada yang masih berupa rencana.

 

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

 

Seasonal adjustments
Fitur yang pertama adalah fitur yang disebut dengan nama “seasonal adjustments” yang berlaku untuk platform lelang milik Google. Fitur yang baru ini akan memberikan merchant kesempatan untuk mendapatkan ROI yang lebih besar dan konversi tertinggi di musim penjualan selanjutnya. Merchant bisa lapor pada sistem Google Smart Bidding agar bisa dilakukan persiapan yang dibutuhkan. 

Makin banyak pilihan di segment in-market
Dengan mempelajari perilaku pengguna Google dalam browsing dan juga mengetikkan kata kunci, Google telah menambahkan berbagai macam fitur di segmen in-market untuk berbagai macam kategori produk.  Merchant bisa melihat perubahan ini di kategori produk kecantikan, olahraga, edukasi, dan juga real estate yang nampaknya menjadi kategori produk yang paling banyak dicari konsumen melalui Google. 

Peluang untuk bisnis lokal
Google juga tidak melupakan bisnis lokal di mana sebenarnya fitur yang bisa menaikkan peluang bisnis lokal untuk makin berkembang sudah muncul sejak tahun lalu. Tujuan dari pembaruan-pembaruan yang dilakukan Google ke sistemnya adalah agar makin banyak konsumen yang datang langsung ke tempat usaha fisik dari merchant. Salah satu caranya adalah dengan menampilkan iklan di berbagai macam platform yang dimiliki oleh Google yaitu seperti Maps, YouTube, Display Network, dan juga tentu di halaman pencarian Google.  Dengan demikian merchant bisa mengarahkan konsumen lokal untuk datang ke lokasi tempat usaha.

Fitur pembaruan lainnya yang diberikan Google untuk meningkatkan traffic ke bisnis lokal adalah kini merchant bisa membuat grup lokasi tempat usaha yang bisa membantu para pengusaha lokal untuk mengatur budget  dan juga pesan iklan yang ingin disampaikan sesuai dengan promosi yang sedang ada di tempat usaha di lokasi tertentu. 

Google juga menyediakan layanan bagi merchant untuk melaporkan aset yang dimiliki usahanya sehingga para pengiklan bisa memberikan penilaian mengenai headline dari iklan yang dipasang, deskripsi, dan juga gambar yang digunakan apakah memiliki performa yang bagus atau tidak. Terakhir, Google juga memberikan sistem layanan promosi inventaris produk yang dimiliki oleh merchant yang nantinya akan ditampilkan pada konsumen dengan lokasi yang paling dekat dengan lokasi tempat usaha. Sayangnya, fitur-fitur pembaruan di atas baru akan diterapkan di Amerika Serikat dan Australia jadi untuk pasar yang lain bisa menunggu dengan sabar. 

tags: ,