Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

Peneliti Microsoft Mengembangkan Platform Bank Data Bernama “Project Bali”

Friday, February 15th 2019. | Artikel
Project Bali

Project Bali

Perhatian tentang keamanan data privasi pengguna internet nampaknya masih akan menjadi topik panas bagi para pengembang software dan antusiasnya. Sudah bukan rahasia lagi kalau data pribadi Anda yang terekam secara digital, meski dalam konteks tertentu, bisa digunakan untuk menjadi bagian dari big data yang kemudian dipakai berbagai macam perusahaan untuk menganalisa pasar di internet. Data digital dari pengguna internet juga bisa dimanfaatkan oleh orang dengan keahlian tertentu untuk melakukan penipuan maupun tindakan kriminal dan pelanggaran privasi lainnya. Sulit bagi seseorang untuk mengetahui informasi digital yang tersimpan di berbagai macam situs online digunakan untuk siapa saja dan diketahui oleh siapa saja.

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

Tetapi nampaknya Microsoft punya solusi untuk manajemen data personal pengguna internet. Peneliti dari perusahaan raksasa teknologi tersebut diketahui sedang mengerjakan sebuah proyek baru yang memungkinkan Anda untuk mengontrol data personal yang dimiliki oleh berbagai macam perusahaan melalui sebuah platform bank data yang disebut dengan nama “Project Bali”.

Pemilik data memiliki kontrol sendiri terhadap datanya

Dalam website Project Bali dikatakan bahwa tujuan untuk membuat platform ini adalah untuk membuat sebuah bank data personal yang baru di mana pengguna atau pemilik data bisa memiliki kontrol atas semua data yang dikumpulkan dari para pengguna. Nantinya, bank ini akan memungkinkan pengguna untuk menyimpan semua data personal pengguna yang disimpan oleh situs-situs online yang memiliki data tersebut dan memungkinkan pengguna untuk membuat visualisasinya, mengatur, mengontrol, membagikan, hingga memonetasi dari data tersebut.

Project Bali pertama kali diketahui di Twitter, dan hingga saat ini pihak Microsoft belum memberikan pernyataan resminya mengenai proyek ini. Dalam situsnya, proyek ini nampaknya masih dalam masa inkubasi oleh tim peneliti dari Microsoft, dan kapan tepatnya proyek ini akan direalisasikan belum ada informasi lebih lanjut.

Masih dalam tahap inisiasi

Ide untuk mencetuskan sebuah proyek di mana bank data dibutuhkan untuk memberikan kontrol kepada pengguna internet akan data personalnya muncul dalam sebuah paper yang diterbitkan pada tahun 2014 oleh para ilmuwan Microsoft. Kebanyakan pengguna tidak memiliki informasi yang jelas mengenai data apa saja yang dimiliki oleh situs-situs atau perusahaan-perusahaan dan bagaimana mereka menggunakannya. Project Bali diinisiasi untuk menjadi solusi permasalahan tersebut.

Saat ini, Project Bali masih dalam tahap pengembangan dan masih berbasis undangan sebelum dirilis untuk digunakan secara umum. Nantinya platform ini akan berfungsi sebagai bank di mana informasi mengenai penggunaan data personal akan diberikan secara transparan. Untuk bisa menggunakan Project Bali nantinya, pengguna mau tidak mau harus menyerahkan detail mengenai informasi pribadi kepada Microsoft seperti misalnya alamat email pengguna. Para antusias software menanti perkembangan dan juga fitur yang dimiliki oleh Project Bali, akankah nantinya pengguna juga bisa menghapus data digital-nya dari internet?

tags: ,