Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

HTC Berkolaborasi Dengan Firefox Reality Di Hari Pertama CES

Friday, February 15th 2019. | Artikel
firefox reality

firefox reality

International CES (Consumer Electronics Show) 2018 mulai berlangsung hari ini hingga tanggal 11 Januari mendatang di Las Vegas. Ada banyak teknologi baru yang diperkenalkan di acara ini, salah satunya adalah kolaborasi antara HTC dengan Mozilla Firefox untuk membuat Firefox Reality menjadi default browsing untuk semua perangkat Vive. Vive merupakan perangkat Virtual Reality yang dikembangkan oleh HTC bersama dengan Valve beberapa tahun belakangan.

Vive dikembangkan untuk pengguna VR premium yang mengambil pasar berbeda dibandingkan dengan Oculus yang lebih fokus pada pasar mainstream dan Sony yang fokus pada pengguna PlayStation. HTC menginginkan nantinya Vive bisa digunakan lebih dari sekedar bermain game. Untuk itu pada CES hari pertama ini diumumkan bahwa HTC akan bekerja sama dengan Firefox Reality, yang eksistensinya baru diumumkan oleh Mozilla bulan April tahun lalu.

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

Kolaborasi yang saling menguntungkan

Sebelumnya, Firefox Reality yang dikembangkan untuk menjadi dedicated browser untuk teknologi VR hanya dianggap sebagai alternatif selain browser Oculus untuk Samsung Gear VR dan versi Daydream dari Chrome milik Google. Dengan adanya kerjasama bersama dengan HTC ini menjadikan Firefox Reality berkesempatan memiliki platform yang solid untuk mempromosikan Reality. Sedangkan bagi HTC dan juga Valve, menjadikan Reality sebagai default browser yang VR-ready dan tidak harus bergantung dengan browser lain yang digunakan oleh kompetitornya. Selain itu, HTC juga akan diuntungkan dengan pendekatan pengembangan Firefox yang mengedepankan dari privasi penggunanya.

Dalam kesepakatan kolaborasi tersebut HTC juga akan menjalin kerjasama dengan Amazon dalam hal penggunaan infrastruktur cloud-nya yaitu Amazon Sumerian. Amazon Sumerian merupakan sebuah tool yang didesain untuk membuat VR, augmented reality, dan ruang-ruang 3D. Perusahaan pihak ketiga yang menggunakan sumber daya ini untuk pertama kalinya adalah Fidelity  di mana Amazon Sumerian digunakan untuk membangun sistem pengawasan finansial berbentuk 3D yang bisa diakses menggunakan Vive via Firefox Reality.

Sekilas tentang Firefox Reality

Firefox Reality pertama kali muncul ke perhatian publik ketika pada bulan April tahun lalu, Mozilla menulis dalam blognya bahwa mereka sedang mengembangkan sebuah web browser yang didedikasikan secara khusus untuk perangkat augmented reality dan juga virtual reality. Beberapa bulan kemudian tepatnya pada bulan September, Firefox Reality resmi diluncurkan dan bisa diunduh di toko aplikasi Viveport, Oculus, dan Daydream.

Mozilla mengklaim bahwa Firefox Reality adalah sebuah browser yang bisa memberikan pengalaman VR  yang bisa memaksimalkan fungsi dari perangkat yang digunakan. Di antara fitur yang ada adalah kemampuan untuk menjelajahi internet menggunakan perintah suara yang bisa menjadi solusi dari ribetnya menggunakan input dalam bentuk teks untuk VR. Fitur lainnya adalah kemampuan Reality yang bisa menyajikan konten paling baru dan masih segar bagi pengguna. Kolaborasi dengan Vive dari HTC yang ditujukan untuk pasar premium tentunya diharapkan bisa menjadi standar baru dalam teknologi VR.

tags: , , ,