Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

Mozilla Firefox Monitor, Layanan Gratis Untuk Optimalkan Keamanan Email

Thursday, February 14th 2019. | Artikel
Firefox Monitor

Firefox Monitor

Belum lama ini, Mozilla telah menghadirkan platform pendeteksi serangan cyber yang dinamai dengan Firefox Monitor. Melalui platform tersebut, para pengguna dapat memastikan keamanan data pribadi mereka. Mozilla Firefox Monitor itu sendiri adalah layanan gratis yang dirancang oleh Mozilla untuk memberi peringatan pada pengguna saat mereka menjadi target dari tindakan pelanggaran data mencakup pencurian password dan kata sandi.

Mozilla tidak membuat platform tersebut sendirian. Mereka telah bekerjasama dengan situs yang menyuguhkan layanan serupa yaitu Have I Ben Pwned. Bagi para pengguna yang ingin menggunakan Firefox Monitor, cukup masukkan alamat email yang sering digunakan. Nantinya layanan ini akan memberikan informasi apakah alamat email tersebut pernah diretas atau tidak.

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

Ada 2 pilihan layanan yang ditawarkan oleh Mozilla Firefox Monitor. Pilihan pertama adalah Firefox Minitor hanya melakukan pemindaian apakah akun Anda sudah pernah diretas atau belum. Pilihan kedua, pengguna dapat berlangganan layanan dari Firefox Monitor untuk mendapatkan pemberitahuan saat akun pengguna diretas.

Ada beberapa tips yang dapat dicoba untuk mengetahui apakah informasi mengenai data pribadi Anda aman atau tidak yaitu sebagai berikut.

Masuk ke laman monitor.firefox.com

Di laman tersebut, Anda dapat mengetahui apakah alamat email Anda sudah pernah menjadi salah satu bagian yang mengalami pelanggaran data. Caranya, ketikkan alamat email dan browser Firefox akan melakukan pemindaian database untuk memastikan keamanan dari data pribadi pengguna. Jika email atau data pribadi Anda sudah pernah menjadi sasaran tindakan pelanggaran data, Firefox akan memberikan konfirmasi. Jika Anda sudah tahu bahwa data Anda ikut menjadi target pencurian, sebaiknya Anda segera mengubah kata sandi untuk keamanan akun Anda

Mendaftar di Firefox Monitor

Mozilla meminta para penggunanya melakukan antisipasi kemungkinan terjadinya pelanggaran data yang mungkin terjadi di masa depan. Untuk itu, pengguna disarankan untuk melakukan registrasi dengan email di Firedox Monitor. Jadi email tersebut akan dipindai secara berkala. Selain itu pengguna juga akan mendapat pemberitahuan jika terjadi pelanggaran data

Saat ini Firefox Monitor telah tersedia dalam 25 pilihan bahasa, salah satunya adalah Bahasa Indonesia. Hal ini bertujuan untuk memudahkan para pengguna dalam mempelajari pelanggaran data dan dapat segera mengambil langkah untuk melindungi data diri. Saat informasi pribadi beresiko terdampak terhadap pelanggaran data, membaca informasi atau berita dalam bahasa asli pengguna akan sangat membantu pengguna untuk memegang kendali.

Banyaknya pilihan bahasa yang terdapat di Firefox ini terwujud karena bantuan dari para relawan Mozilla. Saat ini Mozilla Firefox Monitor juga telah tersedia untuk lebih dari 2,4 milyar pengguna non-Bahasa Inggris. Selain itu, Mozilla juga menyebutkan bahwa mereka belum lama ini telah menambahkan notifikasi untuk browser Firefox Quantum yang dapat memberitahu pengguna saat mengunjungi situs yang melakukan pelanggaran data

tags: ,