Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

Meroketnya Kebutuhan Teknologi Cloud Computing di Tanah Air

Thursday, December 27th 2018. | Artikel
Cloud Computing

Cloud Computing

Kebutuhan Cloud Computing

Teknologi cloud computing atau penyimpanan data kini bukan hal baru lagi. Adapun penggunaannya di masyarakat sudah cukup luas. Malah kebutuhan akan teknologi ini didapati terus meningkat dari waktu ke waktu. Salah satu faktor penyebabnya karena makin tingginya tingkat konsumsi data masyarakat, baik untuk skala penggunaan personal ataupun corporate. Sementara kapasitas ruang penyimpanan gadget atau perangkat yang digunakan seringkali cukup terbatas.

Kondisi ini membuat perusahaan berbasis teknologi dan komunikasi seperti Telkom tergerak untuk memperbaiki layanannya. Misalnya saja dengan melengkapi produk Indihomenya dengan fitur Indistorage yang baru diluncurkan beberapa bulan lalu. Layanan tersebut kini sudah bisa dinikmati khususnya bagi pelanggan Indihome dan mulai mendulang pujian.

Bagi Anda yang belum menjadi pelanggan Indihome tidak perlu khawatir. Karena sebenarnya pihak Telkom juga memberikan layanan cloud computing tidak hanya untuk pelanggan Indihome. Melainkan tersedia juga layanan cloud computing untuk enterprise. Hal ini tidak lain karena tingginya permintaan layanan dari golongan enterprise.

Data Lembaga Riset Pengadopsian Cloud Computing

Meningkatnya angka kebutuhan akan cloud computing bukan isapan jempol semata. Hal ini dibuktikan dengan data valid dari lembaga riset profesional yakni Telematika Sharing Vision. Telah terjadi perkembangan pesat pasar cloud computing di tanah air. Diketahui sejak tahun 2017 didapati pertumbuhan pasar cloud computing menembus angka 36 yoy (year on year).

Dewasa ini pun didapati adanya sebuah tren baru. Yakni adanya pergeseran minat masyarakat dari in house menjadi cloud computing. Semakin maraknya SMB atau Small Medium Business diyakini sebagai salah satu faktornya. Pasalnya SMB menjadi pengadopsi teknologi cloud computing teraktif di pasaran. Hal ini konon karena teknologi cloud computing mampu menunjang kebutuhan data center SMB.

Berkembangnya E-Commerce di Indonesia

Satu lagi faktor yang digadang-gadang menjadi sebab tingginya pertumbuhan cloud computing di Indonesia adalah berkembangnya e-commerce. Ecommerce dan juga startup digital tanah air mendongkrak kebutuhan cloud computing terus meningkat. Hal ini wajar karena penggunaan cloud terbukti efektif membantu menghemat biaya operasional TI para pelaku usaha digital masa kini.

Apakah Anda tertarik mencoba terjun ke dunia e-commerce? Melihat perkembangan teknologi akhir-akhir ini, menjadi e-commerce bukan ide buruk. Bagi pemula tidak perlu ambil pusing. Hal ini karena Anda bisa memanfaatkan layanan dari www.velocitydeveloper.com guna mendapat kesuksesan di bisnis digital.

Memang benar di tahun 2017 lalu belum banyak pelaku usaha ataupun perusahaan menggunakan cloud computing. Namun, setelah melihat efektifitasnya wajar jika mulai banyak pihak yang melirik teknologi canggih ini. Alhasil di tahun 2018 ini mulai banyak perusahaan mengadopsi cloud computing. Mungkin Anda pun akan segera mengikuti langkah yang lain, bila menguntungkan mengapa tidak?

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

tags: