Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

Amankan Data Pribadi Anda Dengan Firefox Monitor

Thursday, December 27th 2018. | Artikel
Firefox Monitor

Firefox Monitor

Sebelumnya pencipta Mozilla akan bekerja sama mengintegrasikan data HIBP ke dalam Firefox bersama pihak HIBP. Rencana tersebut kini sudah resmi diwujudkan dengan diluncurkannya Firefox Monitor, yaitu alat berbasis web untuk memberi tahu para pengguna bahwa akun email mereka sedang disusupi.

Cara kerja Fire Monitor mirip seperti online tool HIBP, dan yang harus dilakukan ialah cukup memasukkan akun email ke dalam kotak yang telah tersedia kemudian tekan tombol scan. Jika informasi data pribadi Anda sudah bocor, maka detail pelanggaran pun langsung dicantumkan pada laman yang telah di refresh atau disegarkan.

Hasilnya, akan terdapat opsi untuk pemeriksaan akun email lain apabila ingin memakai banyak akun. Platform Firefox Monitor memberikan opsi untuk melakukan registrasi supaya diberi tahu mengenai jenis pelanggaran apapun di waktu mendatang dengan melibatkan akun email.

Adapun ide munculnya Firefox Monitor ini ialah untuk memberikan notifikasi pada pengguna tentang data-data yang digunakan dengan tepat waktu. Kemudian memberitahu pengguna untuk mengganti kata sandi sekaligus menjaga data pribadi terhadap ancaman peretas.

Bagaimana Cara Memakai Firefox Monitor?

Untuk menggunakan firefox monitor, pertama-tama kunjungi halaman terlebih dulu, kemudian masukkan email di kolom yang telah tersedia lalu klik enter atau scan. Hasilnya akan terlihat pelanggaran-pelanggaran yang sudah dilakukan pada email tersebut.

Adapun untuk memperbaiki semua pelanggaran yang telah ditemukan pada Firefox Monitor, pertama-tama ialah ubah password pada situs tertentu atau dimana saja, ketika Anda memakai kata sandi atau password yang sama. Kemudian buat jawaban dari pertanyaan keamanan yang diberikan, lalu gunakan pengelola password seperti LastPass, 1Password, untuk menghasilkan keyword yang kuat, kemudian  menyimpannya serta mengisinya ke dalam situs web, jadi Anda tak perlu mengisi ulang password. Berlangganan notifikasi pada Firefox Monitor agar Anda mempelajari tentang akun email yang disusupi lebih lanjut.

Walaupun pelanggaran data biasa terjadi setiap hari, namun kebanyakan orang merasa tidak sadar mengenai informasi pribadi mereka, serta tidak mengetahui keberadaan data HIBP. Menggunakan Firefox Monitor, diharapkan Mozilla bisa mendorong pengguna lebih banyak lagi sekaligus meningkatkan kesadaran para pengguna agar lebih aman lagi melindungi akun email mereka.

Kini Mozilla Firefox Menggunakan Bahasa Indonesia

Saat informasi pribadi berdampak pada pelanggaran data, pembacaan informasi dan berita menggunakan bahasa asli pengguna, tentu bisa membantu pengguna agar lebih mudah memegang kendali. Firefox Monitor sekarang ini telah tersedia dalam berbagai bahasa, seperti bahasa China, Albania, Ingris, Belanda, Ceko, Jerman, Frisian, Prancis, Jepang, Italia, Hungaria, Spanyol, Portugis, Melayu, Slovakia, Rusia, Welsh, Ukraina, Turki, Swedia, hingga Indonesia. Ketersediaan banyaknya bahasa yang digunakan pada Firefox Monitor terwujud berkat relawan Mozilla, sekarang ini Firefox Monitor telah tersedia sebanyak 2,5 miliar lebih pengguna non bahasa Inggris.

Ingin buat website yang aman, menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

tags: ,