Magento 2.3 Versi Terbaru dengan 11 Fitur Baru di Dalamnya

Sunday, January 6th 2019. | Artikel
Magento 2.3

Magento 2.3

Magento 2.3 yang dirilis November 2018 lalu menjadi kabar segar bagi para desainer website. Apa saja keistimewaan platform terbaru ini?

Magento 2.3 dengan 11 Fitur Terbaru

Setidaknya ada 11 fitur terbaru yang ditambahkan ke dalam aplikasi web berbasis CMS ini. Fitur-fitur tersebut diantaranya :

  • Progressive Web App (PWA) Studio
  • GraphQL Support
  • Declarative DB Schema
  • Elasticsearch
  • PHP 7.2 Support
  • Asynchronous and Bulk Web API
  • Multi-Source Inventory (MSI)
  • Page Builder
  • WYSIWYG Upgrade
  • Cache-Management
  • Google reCAPTCHA and Two Factor Authentication

Mempermudah Kerja Programer

Semua fitur tersebut disertakan demi mempermudah para programer untuk menciptakan website yang interaktif dan menarik. Sebagai contoh fitur Progressive Web App Studio. Fitur ini memungkinkan programer untuk membuat aplikasi Android yang interaktif bila dikombinasikan dengan Android Instant Apps. Anda bisa membuat aplikasi dengan desain dan animasi menarik tanpa harus menginstalnya di perangkat apapun.

Fitur ini juga memungkinkan pengguna website untuk merasakan pengalaman yang berbeda ketika membuka aplikasi di smartphone. Ketika Anda membuka suatu website menggunakan smartphone, biasanya akan muncul popup bertuliskan “ADD TO HOME SCREEN”. Jika Anda mengklik tombol tersebut, aplikasi akan terinstal sendiri di background tanpa harus menuju ke halaman Play Store atau App Store terlebih dahulu. Jadi, lebih praktis daripada versi lama.

Mudah dalam Pengelolaan Database

Magento 2.3 juga memudahkan programer maupun desainer dalam pengelolaan data dengan menggunakan GraphQL. GraphQL terbilang lebih fleksibel, kuat dan efisien daripada REST API. Fitur ini akan meminta data dari server kemudian membantu menampilkannya ke klien. Bedanya dengan sistem pengelolaan query data sebelumnya yakni lebih mudah menyimpan data dari berbagai sumber dan memudahkan klien menentukan data seperti apa yang dia cari. Dengan begini, proses pengelolaan data pun semakin efisien dan cepat.

Reaksi Cepat

Fitur Asynchronous API pada Magento 2.3 memungkinkan Magento mampu memproses API dalam jumlah banyak lebih cepat tanpa menunggu respon dari server. Pemrosesan secara asynchronous menawarkan kinerja yang lebih baik daripada pendekatan API konvensional. Jadi, klien tak perlu menunggu lama untuk mendapatkan respon dari server meskipun permintaan data sedang banyak-banyaknya.

Proses Pencarian yang Lebih Cepat

Tak hanya pemrosesan API yang lebih cepat, Magento 2.3 juga menawarkan proses pencarian lebih cepat. Fitur Elasticsearch yang terdapat didalamnya menawarkan kualitas hasil pencarian level atas.Hal ini membuat Elasticsearch cocok untuk pemrosesan yang bersifat analisis bisnis, analisis log maupun pencarian berbasis teks.

Dengan menggunakan Magento 2.3 sebagai platform toko online, Anda bisa mendapatkan performa mesin pencari yang powerful. Apalagi dengan adanya dukungan terhadap PHP 7.2 tentu semakin membuat performa website jadi lebih menawan daripada versi Magento sebelumnya. Adanya PHP 7.2 Support membuat Magento 2.3 lebih stabil dan lebih baik dalam hal pengamanan enskripsi datanya sehingga cocok sebagai platform toko online skala besar maupun kecil.

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

tags: , ,