Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

Linux 5.2 Telah Dirilis Dan Ini Dia Update Barunya

Sunday, July 21st 2019. | Artikel
Linux 5.2

Linux 5.2

Setelah ditunggu-tunggu, akhirnya Linux 5.2 dirilis dengan berbagai macam pembaharuan dari fitur yang sudah ada ditambah dengan beberapa fitur yang baru. Para pengguna linux yang mendaftar mailing list dari Linux mendapatkan email pemberitahuan bahwa Linux 5.2 telah bisa diunduh. Melalui versi yang paling baru ini Linux mendapatkan banyak pujian dan juga sambutan yang cukup meriah terkait dengan beberapa pembaharuan yang dilakukan pada sistem operasinya para developers ini. Baik perbaikan dan pembaharuan yang dilakukan kecil-kecilan maupun pembaharuan yang cukup signifikan membawa peningkatan sistem yang baik, peningkatan pada dukungan untuk perangkat keras, kompatibilitas grafis, dan masih banyak lagi lainnya. Linux 5.2 ini diberi nama “Bobtail Squid”.

Bagian update Linux 5.2 yang paling banyak dibahas adalah peningkatan dukungannya untuk berbagai macam perangkat keras bagi pengguna. Seperti misalnya peningkatan dukungan yang dibantu oleh Logitech untuk meningkatkan performa drivers untuk berbagai macam wireless receivers  seperti misalnya Logitech Bluetooth yang bisa dipasangkan dengan keyboard MX5500, remote Logitech S510 dan receiver  Logitech Unifying yang multifungsi. Kemudian jika pengguna memiliki perangkat Logitech dengan frekuensi 2.4 Ghz seperti misalnya mouse, keyboard, dan perangkat lain dengan menggunakan Linux 5.2 sekarang perangkat-perangkat tersebut bisa meneruskan status baterai untuk digunakan di GUI desktop.

 

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

 

Pembaharuan lain dari Linux 5.2 yang bisa menguntungkan bagi end user adalah  driver Real-tek baru yang bisa mendukung chipset RTL8822BE dan RTL8822CE yang rencananya nanti bisa digunakan untuk USB dan model SDIO. Beberapa komputer juga didukung di Linux 5.2  di antaranya adalah Orange Pi3 yang berbasis Allwiner, Orange Pi Rk3399 berbasis Rockchip, dan Nvidia Jetson Nano. Kemudian update yang besar lain dari Linux 5.2 adalah sistem operasi ini adalah yang pertama untuk menampilkan hasil kerja dari proyek Sound Open Firmware (SOF). Dipelopori oleh Intel dan Google, SOF bertujuan menyediakan platform untuk membuat open source firmware untuk audio-audio DSP. 

Selain perubahan yang besar di atas, Linux 5.2 juga memberikan banyak perubahan dan peningkatan fitur yang lainnya. Antara lain adalah dukungan Nouveau untuk GeForce GTX 1650, berbagai macam peningkatan untuk laptop AMD Ryzen, berbagai macam peningkatan untuk ARM, dukungan untuk Intel Comet Lake, persiapan untuk mendukung CPU AMD EPYC generasi lanjut, dan masih banyak lagi lainnya. 

Secara keseluruhan Linux 5.2 memberikan apa yang Anda miliki sekarang jika menggunakan Linux versi yang lama namun dengan peningkatan performa dan juga hal-hal teknis yang lebih fungsional dibandingkan sebelumnya. Jika ingin melakukan update ke versi terbaru ini sebaiknya tunggu hingga distro Anda menyediakannya untuk diunduh dengan lebih mudah, atau tunggu update versi 5.2.1 agar Linux yang Anda gunakan bisa lebih stabil. 

tags: