Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

Microsoft Merilis Aplikasi Windows 1.0 Bertema Stranger Things

Monday, July 22nd 2019. | Artikel
Windows 1.0

Windows 1.0

Beberapa hari yang lalu melalui akun resmi Twitter-nya, Microsoft mengunggah konten yang membuat banyak orang bertanya-tanya, ada apa gerangan? Microsoft mengunggah semacam iklan promo yang memperlihatkan logo-logo Windows yang pernah digunakan mulai dari logo yang paling baru untuk Windows 10 hingga logo Windows yang pertama yaitu Windows 1.0 yang keluar pada tahun 1985. Tidak lama kemudian warga net menyimpulkan bahwa langkah misterius Microsoft ini berkaitan dengan dimulainya serial paling baru keluaran Netflix yaitu Stranger Things 3 yang mulai tayang di mana serial tersebut mengambil latar belakang Amerika Serikat di tahun 1985. 

Setelah banyak yang setuju bahwa iklan Windows 1.0 yang dimunculkan berkaitan dengan Stranger Things, muncullah pertanyaan baru alasan mengapa Microsoft mengunggah iklan tersebut. Warga net makin dibuat penasaran karena admin akun Twitter Microsoft pun membalas komentar dari para pengguna Twitter bahwa sesuatu akan datang.  Setelah itu Microsoft terus mengeluarkan video-video pendek yang menjadi teaser dan membuat orang makin penasaran dengan apa yang ingin dilakukan Microsoft, semuanya berkaitan dengan sistem operasi Windows versi 1.0. 

 

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

 

Akhirnya Microsoft mengeluarkan Microsoft 1.1 sebagai aplikasi untuk Windows 10 dengan inklusi-inklusi spesial yang berkaitan dengan serial Stranger Things. Pengguna bisa mengunduh aplikasi ini di Microsoft Store tapi sayangnya hanya berlaku untuk pengguna Windows 10 di Amerika Serikat. Aplikasi ini memberikan nuansa-nuansa ala Stranger Things dengan desain grafis ala tahun 1985 yang antara lain ada di custom boot screen, permainan-permainan bertema Stranger Things dan dunia Upside Down-nya, mencari dan menemukan easter eggs yang berkaitan dengan seri, dan menemukan rahasia-rahasia misterius. Aplikasi ini juga akan memberikan tampilan ala layar CRT alias layar komputer tabung, sama halnya dengan yang digunakan orang pada tahun 1985 dulu.

Windows 1.0 pertama kali dirilis pada tanggal 20 November 1985 sebagai pengganti MS-DOS dan ketika itu juga Microsoft berhasil mengubah wajah dunia komputer modern. Fitur yang ada di sistem operasi publik versi pertama tersebut adalah fitur-fitur dasar yang hingga sekarang masih ada di Windows paling baru, antara lain misalnya scroll bar, ikon-ikon aplikasi, kotak dialog, tampilan menu dengan gaya drop-down, dan juga aplikasi seperti MS Paint dan Notepad. 

Jika dilihat dari tampilannya sebenarnya Windows 1.0 tidak terlalu terlihat menarik bahkan untuk ukuran tahun 1985 namun Microsoft mempromosikan Windows 1.0 sebagai sistem operasi yang bisa mengintegrasikan aktivitas pengguna dengan komputer dengan cara menggunakan beberapa aplikasi komputer dalam waktu yang bersamaan dan dengan mudah berganti aplikasi satu ke yang lainnya tanpa harus keluar dan membuka kembali masing-masing aplikasi. Bagaimana dengan Anda, apakah pernah merasakan sensasi menggunakan Windows 1.0 ketika dirilis dulu?

tags: , ,