Kesalahan dalam Memilih Nama Domain yang Seringkali Dilakukan

Friday, January 11th 2019. | Artikel
Nama Domain

Nama Domain

Menentukan nama domain atau memilih nama domain yang tepat tentunya harus Anda lakukan. Pasalnya, nama domain inilah yang menjadi branding dari perusahaan Anda yang ditampilkan dalam sebuah website. Pemilihan nama domain juga adalah sebagai gambaran secara ringkas untuk mendeskripsikan isi dari website Anda.

Pada kenyataannya, banyak sekali orang yang merasa tidak pas dan salah dalam menentukan nama domain untuk situsnya. Hal tersebut akhirnya berdampak pada pengubahan nama domain nantinya. Nah, beberapa kesalahan ini adalah yang seringkali dilakukan ketika memilih nama domain.

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

Memilih TLD yang Salah

TLD ini adalah sebuah ekstensi Top Level Domain yang nantinya akan beriringan dengan nama domain Anda. Sebelum membuat situs, Anda harus memilih TLD ini dengan benar. TLD yang paling umum digunakan biasanya adalah (.com). jika memang umum, maka ekstensi populer ini bisa dijadikan pilihan, namun jika website Anda terkhusus, sebaiknya sesuaikanlah. Misalnya saja perihal edukasi atau lembaga pendidikan, bisa Anda menyesuaikan TLDnya dengan memilih jenis .edu dan sebagainya.

Memilih Nama yang Mirip

Kesalahan yang seringkali dilakukan yang akhirnya berakibat pada perkembangan web itu sendiri adalah memberikan nama domain yang sama dengan situs lain. Ketika nama situs Anda mirip dengan situs lainnya, bisa jadi orang lain yang hendak mengunjungi situs Anda malah akan dialihkan pada situs lainnya. Untuk itu, sebaiknya pilihlah nama yang memang tidak terlalu sama dengan situs lain, ataupun dengan brand lain.

Terlalu Panjang

Salah satu hal yang membuat masyarakat malas ketika mengunjungi website Anda adalah karena nama domain Anda terlalu panjang. Lebih baik, Anda memilih nama domain yang biasa saja atau tidak terlalu panjang untuk memudahkan masyarakat mengingatnya. Nama domain yang simpel atau pendek, tentunya lebih mudah diingat, dan hal tersebut bisa membantu Anda untuk mempromosikan website Anda untuk lebih dikenal masyarakat luas.

Terlalu Kompleks

Selain namanya yang terlalu panjang, kesalahan lain yang biasanya dilakukan adalah membuat nama yang merupakan hasil penggabungan antara huruf dengan angka atau simbol lainnya. Jika pun perusahaan atau brand Anda adalah gabungan dari hal tersebut, pilihlah nama yang mudah untuk ditulis atau dicari. Misalnya, hanya dengan menggunakan hurufnya saja untuk nama domain Anda.

Tidak Mempertimbangkan Ejaan atau Pembacaan

Hal lain yang seringkali dilakukan dalam membuat nama domain namun itu merupakan kesalahan yang bisa berdampak pula untuk website Anda adalah Anda memilih nama domain yang sulit. Sulit di sini adalah bisa jadi karena ejaannya yang kurang tepat dan sulit dipahami. Atau, bisa juga karena Anda menggunakan sebuah nama yang rancu dan memiliki makna ganda. Apalagi di dunia ini banyak sekali nama yang mengandung banyak arti.

Untuk itu, ketika Anda memilih nama domain, sebaiknya hindarilah beberapa kesalahan tersebut. Buatlah nama domain Anda dengan sederhana namun istimewa. Maksudnya, meskipun memiliki ejaan yang biasa saja, namun nama domain itu mudah diingat dan bisa menggambarkan eksistensi perusahaan Anda.

 

tags: , ,