Cara Mengubah Nama Domain Website Mudah Bagi Pemula

Friday, January 11th 2019. | Artikel
Nama Domain

Nama Domain

Bagi Anda yang berkecimpung di dunia blog, website dan sebagainya, pasti tidak asing dengan nama domain. Pasalnya, nama domain ini adalah sesuatu yang mencerminkan segala hal yang ada di dalam pikiran Anda ketika membuat sebuah website. Bagi beberapa kasus, nama domain ini memang dianggap sulit untuk diubah. Untuk itu, Anda harus benar-benar memikirkannya secara matang sebelum membuat nama untuk website Anda.

Meskipun dianggap sulit untuk mengubah atau mengganti nama domain, bukan berarti Anda tidak bisa menggantinya. Beberapa cara berikut ini bisa Anda terapkan jika Anda ingin mengubah nama domain di website Anda.

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

Membeli Domain Baru

Hal yang paling umum dilakukan oleh pegiat di dunia blogging atau website ketika akan mengganti nama domain adalah dengan membeli domain yang baru. Cara ini dianggap sebagai cara yang cukup mudah dan tidak terlalu sulit.  Anda cukup membackup data domain lama Anda, kemudian membeli domain yang baru.

Lalu apakah data di domain baru akan hilang ketika menggantinya? Tentu saja tidak. Ketika Anda mengganti nama domain namun isi dari domain Anda ingin tetap ada, setelah Anda backup dan menggantinya, Anda cukup mengimport semua isi atau konten website Anda ke dalam domain atau website Anda yang baru.

Menggantinya melalui Cpanel

Cara lain yang bisa Anda gunakan untuk mengganti nama domain Anda adalah dengan menggantinya di cPanel. Sedikit pengetahuan, cPanel ini adalah sebuah perangkat lunak yang bisa menjadi control panel berbasis linux yang nantinya bisa membantu dan Anda gunakan untuk mengatur  dan mengelola website Anda secara maksimal.

Untuk mengubah nama domain pun cukup mudah, Anda tinggal masuk ke cPanel akun Anda. Kemudian jangan lupa untuk memasukkan nama akun login dan password. Setelah itu, pilih kategori domain, lalu pilih subdomain atau tambah website. Nantinya Anda cukup memilih tipe web atau domain yang diinginkan. Lakukan langkahnya sampai selesai, hingga nanti pun Anda bisa mendapat domain baru.

Gunakan Penyedia Hosting yang Tepat

Meskipun mengubah domain kini bisa dilakukan dengan mudah, namun bagi beberapa orang merasa sulit dalam mengubah nama domainnya. Cara lain yang bisa mempermudah Anda adalah dengan memilih penyedia website yang menyediakan fitur penggantian nama domain. Banyak sekali tersedia perusahaan hosting yang nantinya bisa membantu Anda ketika ingin mengubah nama domain.

Untuk itu, agar Anda tidak harus mengganti domain yang terkadang merepotkan, tentunya sebelum membuatnya, Anda harus pikirkan secara matang. Buatlah rincian atau list nama domain yang sesuai. Setelah itu, carilah penilaian dari orang lain tentang pemilihan nama tersebut, yang paling banyak dipilih, bisa Anda jadikan sebagai nama domain terbaik bagi Anda.

 

tags: ,