Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

Firefox Monitor, Layanan Baru Firefox Demi Tingkatkan Keamanan Pengguna

Sunday, January 20th 2019. | Artikel

 

Firefox Monitor

Firefox Monitor

Firefox nampaknya semakin meningkatkan layanan bagi para penggunanya lewat Firefox Monitor. Pasalnya browser dari Mozilla ini dapat memberikan notifikasi secara langsung kepada para pengguna bila web yang mereka kunjungi sedang mengalami gangguan.

Berdasarkan informasi dari Softpedia, tepatnya hari Sabtu (17/11/2018) lalu, notifikasi baru tersebut disampaikan lewat layanan browser Firefox Monitor menggunakan platform Have I Been Pwned (HIBP) dari Troy Hunt.

Sebelumnya platform serupa juga turut membantu pengguna Firefox untuk menemukan jika email meka telah melakukan pelanggaran data.

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

Layanan HIBP ini bisa dimanfaatkan para pengguna untuk mengecek pelanggaran yang terjadi pada data-data pribadi pengguna yang dilakukan oleh pihak tak bertanggungjawab.

Fitur Firefox Monitor juga akan memberitahu para pengguna saat web yang mereka kunjungi bermasalah dalam pelanggaran data. Sehingga pengguna bisa mengetahui dari notifikasi yang disampaikan Firefox Monitor.

Layanan tersebut akan dirilis ke banyak pengguna yang telah menggunakan Firefox Quantumm di pekan yang akan datang.

“Apabila pengguna tak pernah melihat notifikasi pelanggaran sebelumnya, pihak Firefox akan menunjukkan peringatan saat pengguna mengakses situs web bermasalah yang akan ditambahkan ke HIBP selama 12 bulan ke belakang”, ungkap Mozilla lewat keterangannya.

Notifikasi Dapat Dinonaktifkan

Jika pengguna merasa terganggu oleh notifikasi tersebut, tak perlu khawatir sebab Kalian bisa menonaktifkannya. Pihak Mozilla memberikan kemudahan untuk menonaktifkan pemberitahuan tersebut dengan mengklik ikon berbentuk tanda panah yang terdapat pada notifikasi ketika muncul pertama kali, lalu klik “never show firefox monitor alerts”.

Pemberitahuan peringatan mengenai pelanggaran data menampilkan rincian tentang pelanggaran keamanan sebuah situs web. Di samping itu, para pengguna juga dapat menggunakan fitur Firefox Monitor dengan cepat untuk memeriksa apakah akun email milik pengguna menjadi bagian pelanggaran data atau disusupi hacker.

Agar Kalian bisa mellihat apakah akun email Kalian sudah melakukan pelanggaran data memakai Firefox Monitor, maka Kalian harus mengakses link monitor.firefox.com, kemudian masukkan akun email Kalian. Selanjutnya, Firefox Monitor langsung menjelajahi sistem database HIBP dan mencocokkannya.

Keamanan Tambahan dari Firefox Monitor

Kemungkinan adanya bagian pelanggaran data akan sangat kecil jika Kalian mengikuti disiplin penggunaan kata sandi dengan baik sedari awal penggunaan. Setidaknya, Klaian harus memakai kata sandi yang unik di setiap layanan internet, sehingga jika salah satu keyword Anda dibobol, tidak akan membahayakan keseluruhan username Anda. Sebenarnya Firefox bukan browser satu-satunya yang menangani permasalahan kata sandi dengan serius.

Pembaruan Google Chrome belum lama ini juga membangun generator keyword secara langsung ke dalam browser untuk mendorong para pengguna yang tidak menyadari keamanan dalam menghentikan kebiasan buruk penggunaan kata sandi mereka. Fungsi yang sama bisa ditambahkan pada Firefox lewat add-on, seperti 1Password atau LastPass (layanan yang menyediakan integrasi bersama HIBP).

tags: , , ,