Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

Fitur-Fitur Yang Baru Dari macOS 10.14 Mojave

Saturday, June 29th 2019. | Artikel
MacOS 10.14 Mojave

MacOS 10.14 Mojave

Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) 2019 membawa banyak kabar baru mengenai teknologi dan juga perkembangan sistem operasi pada semua perangkat Apple. Salah satu yang dikenalkan Apple kepada para developers yang berkumpul dari berbagai macam negara di dunia adalah macOS 10.14 Mojave yang nampaknya tidak ingin ketinggalan tren belakangan yang memiliki dark mode untuk memberikan UI yang lebih modern, futuristik, dan lebih menarik secara visual. Selain dark mode, Mojave yang sekarang sudah bisa diunduh dan diinstal secara gratis ini juga memberikan perlindungan yang lebih baik setelah sebelumnya macOS harus berhadapan dengan isu keamanan KeySteal.

Beberapa hal yang baru di macOS 10.14 Mojave adalah adanya dark mode yang dipasangkan pada safari dan juga fitur-fitur baru untuk layanan Apple News+. Sedangkan untuk perbaikan yang dilakukan antara lain adalh memperbaiki bug pada FaceTime yang membuat orang bisa mengakses kamera pengguna FaceTime yang lain tanpa harus diterima dulu panggilannya, serta perbaikan lain untuk mendukung sistem yang lebih baik untuk MacBook Air 2018. Apple juga telah merilis sub-versi dari Mojave yaitu versi 10.14.5 yang akan menjadi major update terakhir sebelum nanti macOS 10.15 dirilis yang kabarnya akan fokus pada peningkatan kestabilan sistem operasi.

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

Dark mode yang ada di Mojave tidak hanya pada tampilan home desktop saja tapi juga bisa membuat tampilan aplikasi bawaan Mac Anda jadi terlihat lebih keren dan membuat mata jadi tidak terlalu capek karena layar yang terlalu terang. Aplikasi eksternal juga bisa beradaptasi mengikuti nuansa warna dark mode terutama untuk aplikasi yang menggunakan warna standar melalui AppKit. Mojave kini juga bisa digunakan untuk fitur Group FaceTime, sebuah fitur yang memungkinkan Anda untuk melakukan panggilan video bersama dengan 32 orang yang menggunakan perangkat iOS dan macOS. Group FaceTime dilengkapi dengan sensor yang bisa mendeteksi orang yang sedang berbicara dan membawa jendelanya ke tengah layar jadi Anda bisa dengan mudah melihat siapa saja yang sedang berbicara.

Mojave juga dilengkapi dengan Stacks, perangkat lunak yang akan bekerja secara otomatis merapikan desktop Anda ketika tampilan layar sudah mulai terlihat berantakan. Ia bisa mengelompokkan dokumen-dokumen yang sejenis, memilah dan mengelompokkan foto dengan foto,  pdf dengan pdf, dan sebagainya. Masih banyak lagi fitur-fitur convenient yang lain yang membuat pengguna Mac bisa dengan lebih mudah bekerja menggunakan perangkat Apple-nya.

Sedangkan untuk segi keamanannya, Apple terus meningkatkan fitur keamanan agar privasi penggunanya bisa lebih terjaga. Kini jika macOS ingin mengakses data privasi Anda maka sebelumnya akan ada pertanyaan izinnya terlebih dahulu termasuk ketika menggunakan mic dan kamera. Safari pun juga memiliki peningkatan fitur keamanannya sendiri sehingga pengguna Safari bisa browsing di internet tanpa khawatir diintai oleh cookies pelacak, dan permintaan izin jika ada cookies yang ingin memantau data browsing Anda.

tags: ,