Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

Fitur Dark Mode Dan UX Yang Lebih Praktis Dari iOS 13 Versi Terbaru

Sunday, June 30th 2019. | Artikel
Dark Mode iOS 13

Dark Mode iOS 13

iOS 13 sudah dirilis minggu lalu dan ada beberapa perubahan dan peningkatan signifikan pada sistem operasi smartphone ini tapi sayangnya untuk versi beta yang ini hanya disarankan bagi pengguna komunitas developers tertentu, sementara untuk versi beta yang bisa diunduh umum baru akan muncul bulan Juli mendatang. Salah satu fitur yang menjadi andalan iOS 13 adalah, tentu saja, dark mode yang saat ini tengah menjadi tren untuk meningkatkan kualitas UI berbagai macam produk teknologi perangkat lunak. Tidak hanya bisa membuat tampilan visual jadi terlihat lebih menarik, penggunaan dark mode memang bisa membuat mata Anda jadi tidak mudah lelah ketika harus menatap layar dalam waktu yang cukup lama.

iOS 13 diluncurkan versi betanya untuk akses yang terbatas pada event WWDC 2019 lalu kemudian versi beta umumnya akan dirilis rencananya pada bulan Juli namun belum direkomendasikan bagi developers yang ingin langsung merasakan paket lengkap dari isi iOS. Baru pada bulan September rencananya iOS 13 versi beta untuk semua developers akan diluncurkan, lalu kabarnya pertengahan bulan September iOS 13 akan diluncurkan versi publiknya bersamaan dengan iPhone yang baru.

 

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

 

Untuk versi awal iOS 13 beta, tidak hanya dirilis untuk para developers Apple khusus saja melainkan untuk menginstallnya developers harus sudah install Xcode atau macOS 10.15 dan sistemnya pun belum berjalan dengan lancar sepenuhnya. Nantinya iOS 13 bisa digunakan untuk perangkat iPhone seri 6s ke atas, iPad Air 2 ke atas, iPadi mini 4 yang baru dan juga iPhone SE. Sedangkan perangkat lain yang rilis sekitaran 4 tahun lalu paling mentok hanya bisa diperbarui hingga iOS 12 termasuk iPhone 6.

Fitur dark mode yang dinanti-nanti akhirnya akan menampakkan dirinya di iOS 13 di mana pengguna bisa mengaktifkan dark mode di bagian Control Panel atau pengaturannya agar aktif secara otomatis ketika perangkat digunakan di malam hari. Tidak hanya sebagai default theme, warna dan nuansa gelap juga akan terbawa hingga aplikasi bawaan dan aplikasi-aplikasi tertentu yang bisa menyesuaikan tampilan dengan tema pada perangkat. Selain dark mode, fitur lain yang diduga kuat akan dipasangkan di iOS 13 adalah “Apple Tag” di mana ia merupakan bentuk evolusi dari fitur Find My. Perangkat yang memiliki fitur “Apple Tag” dikatakan bisa menemukan berbagai macam perangkat Anda yang lain asalkan memiliki konektivitas Bluetooth misalnya kunci mobil, speaker, tas, botol minum, dan lain sebagainya.

Banyak lagi fitur iOS 13 lainnya yang bisa Anda nantikan nanti di bulan September seperti misalnya hadirnya iPadOS sistem operasi khusus untuk perangkat iPad, Quickpatch yang dilengkapi dengan fitur swipe-to-type, fitur-fitur aplikasi Find My yang baru, serta performa iPhone Anda bisa jadi lebih cepat dan baterainya lebih tahan lama.

tags: ,