Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

Info Terbaru Perubahan Logo Mozilla Firefox Dan Rencana Firefox Berbayar

Friday, June 28th 2019. | Artikel
Logo Mozilla Firefox

Logo Mozilla Firefox

Siapa yang tidak mengenal logo ikonik dari Mozilla Firefox? Bagi Anda yang sudah menggunakan internet sejak dulu pastinya tidak asing dengan logo browser ini yang memiliki bentuk rubah berwarna api sesuai dengan namanya Firefox. Tapi beberapa hari yang lalu untuk melakukan branding yang lebih luas lebih dari sekedar browser, Mozilla memutuskan untuk memberikan logo baru pada Firefox. Kini logo Firefox tidak lagi menunjukkan bentuk rubah api  yang sudah selama 16 tahun digunakan sebagai salah satu logo paling familiar di dunia.

Logo rubah api yang sebelumnya digunakan Firefox memiliki makna kecepatan, dan mencakup produk-produk yang ada di dalamnya menjadi satu kesatuan serta memberikan prioritas keamanan pada pengguna. Alasan dibalik penggantian logo Firefox dikatakan bahwa logo rubah api yang mencakup produk-produk tersebut sudah tidak memiliki makna desain yang cukup untuk merepresentasikan keseluruhan produk yang dimiliki Firefox saat ini. Karena itulah logo Firefox yang baru saat ini menghilangkan bentuk rubah dengan ekornya yang mengelilingi bola, digantikan dengan bentuk rubah tanpa wajah dengan warna api yang lebih dinamis, dan ruang terbuka pada desain bulatnya yang menandakan branding Firefox yang tanpa batas.

 

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

 

Bukan hal yang aneh bagi Firefox untuk menggunakan alasan penggantian logo tersebut karena dalam beberapa waktu belakangan Firefox memiliki berbagai macam produk yang tidak sekedar browser seperti misalnya Firefox Send, Firefox Monitor, Firefox Lockwise, dan juga tentunya Firefox Browser. Dengan demikian jelas bahwa Firefox ingin memiliki pengembangan yang lebih luas, dimulai dengan representasi logo yang baru ini.

Selain ganti logo, Mozilla juga memiliki rencana lain di masa depan untuk Firefox yang bisa menjadi langkah besar bagi browser yang sekarang bersanding dengan Google Chrome ini. Chris Beard, CEO dari Mozilla mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa perusahaannya sedang menggodok rencana untuk mengembangkan Firefox Premium, artinya bisa jadi di masa yang akan datang Anda harus membayar untuk menggunakan layanan premium dari Firefox, di mana hal ini membawa perubahan yang cukup signifikan karena selama ini layanan Firefox bisa dinikmati pengguna secara gratis.

Saat ini Firefox mendapatkan 90% pendapatannya dari menggunakan Google sebagai mesin pencari default-nya. Rencana untuk membuat Firefox Premium dikatakan Beard mungkin akan ditambahkan manfaat kepada pengguna berupa cloud storage dan juga layanan VPN yang aman. Layanan VPN yang diberikan kepada pengguna pun dibagi menjadi dua yaitu VPN gratis untuk semua pengguna Firefox dengan batasan bandwidth tertentu, sementara untuk yang ingin mendapatkan akses dan fitur lebih maka harus membayar biaya sejumlah tertentu setiap bulannya.

Meski demikian Beard mengatakan bahwa komitmen Firefox adalah menyediakan layanan internet yang terbaik bagi semua penggunanya. Bahwa dengan adanya sebagian pengguna yang bersedia membayar untuk mendapatkan layanan dan fitur produk yang lebih baik bukan berarti layanan produk untuk sebagian besar pengguna Firefox lainnya akan dianaktirikan.

tags: , , ,