Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

DuckDuckGo sebagai Alternatif Search Engine di Google Chrome

Saturday, March 23rd 2019. | Artikel
DuckDuckGo

DuckDuckGo

Google adalah salah satu perusahaan yang sangat besar, ia dahulu merupakan sebuah perusahaan search engine. Kini ia berkembang dengan lebih luas, salah satunya adalah dengan mengeluarkan banyak produk digital seperti Google Chrome.

Akan tetapi tahukan anda jika belakangan ini Google secara diam-diam memasukkan search engine DuckDuckGo ke dalam update terbaru mereka? Apa itu DuckDuckGo dan mengapa ia dipercaya oleh Google Chrome? Berikut ini adalah ulasannya.

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

Apa itu DuckDuckGo?

DuckDuckGo adalah sebuah produk dari sebuah perusahaan yang memiliki nama DuckDuckGo.inc. DuckDuckGo adalah sebuah search engine atau mesin pencari seperti halnya produk pertama yang dimiliki oleh Google yaitu Google Search. Jadi fungsi ari DuckDuckGo adalah sama dengan search engine lainnya seperti Google Search, Bing, Yahoo Search dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pertanyaannya adalah sebagai sebuah perusahaan yang memiliki dasar search engine, mengapa Google secara sembunyi-sembunyi memasukkan DuckDuckGo sebagai alternatif search engine yang mereka miliki? bahkan update ini diberikan pada 60 negara di seluruh dunia.

Masalah yang dihadapi oleh Google

Google baru saja merilis produk update Google Chrome berjudul Chromium 73 yang stabil beberapa hari yang lalu. meski versi ini sudah stabil tapi ada ancaman yang berhubungan dengan masalah privasi dan juga antitrust yang belakangan ini juga sangat berkembang.

Selain itu, saat ini banyak pemerintahan yang ada di dunia saat ini secara aktif mengeluarkan protes mengenai bagaimana produk lain dari perusahaan kecil seperti search engine DuckDuckGo  dapat berkembang di bawah bayang-bayang perusahaan besar seperti Google? Artinya menurut banyak pihak, persaingan dalam lingkup tersebut menjadi tidak sehat untuk perusahaan-perusahaan baru.

Alasan search engine DuckDuckGo masuk ke list search engine Google

Selain sebagai wujud jawaban dari protes mengenai persaingan yang dikabarkan tidak sehat ini salah satu alasan lain dari Google untuk memasukkan DuckDuckGo sebagai search engine alternatifnya adalah karena perlindungan privasi dari sistem pencarian di search engine tersebut. hal inilah yang menyebabkan DuckDuckGo kemudian diperkenalkan oleh Google ke 60 negara Market dari Google termasuk Indonesia.

Selain DuckDuckGo, sesungguhnya Google juga memasukan search engine lain sebagai alternatifnya yaitu Qwant. Namun penambahan Qwant sebagai search engine alternatif di Google memang tidak sebesar  DuckDuckGo. Search engine Qwant hanya ditambahkan oleh Google di halaman Chrome yang diakses di negara asalnya yaitu Prancis.

Namun, sayangnya  meski sudah di rekomendasikan oleh Google sebagai salah satu search engine, Eric Leandri yang merupakan co founder dari Qwant mengatakan bahwa, search engine-nya masih tetap lebih baik digunakan di Mozilla Firefox browser atau pada Brave Browser. Namun, meski mengeluarkan pernyataan seperti itu, Eric tetap memberikan ucapan terima kasih pada pihak Google.

tags: ,