Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

Fitur Baru Google Chrome : Chrome Lite Pages

Friday, March 22nd 2019. | Artikel
Chrome Lite Pages

Chrome Lite Pages

Google membocorkan informasi mengenai fitur Chrome untuk Android mereka yang terbaru yang diberi nama Chrome Lite Pages. Apa itu dan apa saja manfaatnya? Berikut ini adalah ulasannya.

Tujuan dari fitur Lite Pages pada Google Chrome

Fitur Lite Pages pada Google Chrome merupakan fitur baru yang dimiliki oleh Google Chrome untuk versi mobile yang memperbolehkan para pengguna untuk menggunakan datanya lebih  bijaksana. Pasalnya dengan fitur ini penggunaan atau konsumsi data menjadi lebih minim sehingga data dapat digunakan untuk kepentingan lainnya.

Dengan menggunakan fitur Chrome Lite Pages ini,  pengguna Google Chrome bisa mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dengan lebih cepat apalagi ketika kondisi jaringan sedang tidak stabil atau sangat lambat.

Google mengklaim bahwa fitur Lite Page yang dimilikinya mampu membantu menghemat 90% data yang biasa digunakan untuk membuka sebuah halaman website. Hal inilah yang menyebabkan fitur Lite Page ini mampu membuat loading data menjadi lebih cepat dilakukan.

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

Kinerja dari fitur Lite Page dari Google Chrome

Dengan menggunakan fitur Lite Page ini Google Chrome yang anda gunakan dapat digunakan untuk melakukan browsing bahkan di jaringan 2G ataupun di jaringan 2G yang lambat. Kondisi lain di mana Lite Page bekerja adalah ketika Google Chrome yang anda gunakan mengindikasikan waktu load page yang lebih lama dari 5 detik. Jika hal ini terjadi Google Chrome akan langsung memberikan request tersebut.

Ketika fitur Lite Page ini bekerja maka bagian yang akan didapatkan oleh Google Chrome hanyalah URL dari halaman HTTPS yang di request. Artinya, hal-hal lain yang berhubungan dengan cookies, informasi login dan juga konten halaman yang dipersonalisasi tidak akan dibagikan ke Google.

Bagaimana cara untuk mengaktifkan fitur Chrome Lite Pages?

Untuk mengaktifkan fitur Lite Page ini caranya sangat mudah. Anda hanya perlu masuk ke halaman pengaturan Google Chrome anda kemudian masuk ke menu “Data Saver”. Selain menggunakan fitur lite page ini pada jaringan yang lambat, anda juga bisa menggunakannya fitur ini secara permanen untuk menghemat data.

Untuk anda yang tidak hanya ingin menggunakan fitur Lite Page ini untuk menghemat penggunaan data, maka hal yang perlu anda lakukan adalah mengakali jaringan yang didapatkan oleh Google Chrome. Jika Google Chrome selalu mendapatkan jaringan 2G atau slow 2G maka secara otomatis Google Chrome akan selalu masuk ke dalam fitur lite page ini.

Untuk memaksa Google Chrome selalu mendapatkan jaringan dengan kecepatan rendah ini caranya sangat gampang yaitu dengan masuk ke #force-effective-connection-type. Cara ini bisa digunakan untuk mengeset jaringan yang Chrome anda dapatkan agar selalu masuk ke jaringan 2G atau 2G yang lambat sehingga fitur Chrome Lite Pages bisa diaktifkan.

tags: , ,