Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

Cara Unik Menggabungkan Sosial Media ke Dalam Desain Website

Friday, January 4th 2019. | Artikel
Sosial Media

Sosial Media

Sosial media bisa menjadi alat promosi efektif untuk menjaring konsumen selain website bisnis resmi. Bila keduanya digabungkan, maka potensi pemasarannya bisa lebih besar lagi.

Cara Unik Untuk Menggabungkan Sosial Media dengan Website

Setidaknya ada 3,2 miliar orang yang terhubung dengan sosial media. Hal ini membuat sosial media menjadi pasar yang potensial untuk memasarkan produk bisnis. Sebagai desainer website, Anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan memasukkan ikon “Connect” atau ikon “Share” ke halaman website. Sehingga website bisa langsung terhubung ke akun sosial media, atau bisa juga dengan melakukan beberapa langkah berikut ini.

Menambahkan hashtag (#)

Cara pertama untuk menghubungkan akun sosial media dengan website yakni dengan menambahkan hashtag (#) atau handles (@) ke dalam desain website. Anda bisa menambahkan ikon ini di halaman depan sehingga mudah dilihat oleh pengunjung. Baik simbol hashtag (#) maupun handles (@) sudah lebih dahulu ada sebelum sosial media diciptakan sehingga memiliki peran penting dalam perkembangan website.

Biasanya tak hanya hashtag atau handles yang mengarah ke akun sosial media saja yang ditambahkan. Tapi, juga gambar dan pesan atau caption dari akun sosial media juga dimasukkan ke dalam website. Hal ini bertujuan agar pengunjung semakin penasaran dengan akun sosial media bisnis tersebut dan mau membukanya. Penempatan hashtag dan handles ini bisa saja di posisi pojok halaman dengan ukuran yang kecil sehingga tidak terlalu memakan banyak ruang. Meski begitu, bentuknya yang unik membuat pengunjung tetap bisa melihatnya dengan jelas.

Gunakan Stiker Notifikasi

Stiker notifikasi biasa Anda lihat di Facebook, Twitter atau LinkedIn. Kini stiker tersebut juga sering dipakai di website. Tak seperti notifikasi di akun Twitter yang mengabarkan pada pemilik akun bahwa dia memiliki pesan yang belum terbaca. Notifikasi di website tak bermakna demikian, melainkan hanya sebagai penanda ada informasi terbaru yang harus Anda baca. Meski begitu, stiker notifikasi ini tetap berhasil menarik perhatian pengunjung untuk mengklik ke stiker tersebut. Stiker ini tergolong efektif sebagai sarana memberi informasi mengenai promo atau kabar produk terbaru bisnis Anda.

Menambahkan Fitur Chat dan Kuis

Sebagian besar website bisnis berlaku layaknya sebuah flayer dimana hanya berisi informasi produk dan bagaimana cara memesan produk tersebut. Terlihat membosankan bukan? Hal ini ditengarai sebagai penyebab kenapa saat ini orang lebih suka membuka sosial media daripada website untuk mengenal lebih jauh suatu produk bisnis.

Sebenarnya ada banyak cara untuk membuat website jadi lebih berwarna dan lebih menarik. Salah satunya yakni dengan menambahkan elemen kuis, chat atau polling ke dalam website. Bentuk chat atau kuis ini bisa berupa halaman pop up atau disematkan di bagian bawah atau samping halaman utama. Dengan adanya fitur kuis, chat atau polling, pemilik bisnis bisa berinteraksi dengan pengunjung serta membuat tampilan website jadi lebih menarik.

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

tags: , ,