Cara Menggunakan Alat Webmaster Google Yang Mudah Dan Terbaru

Wednesday, January 2nd 2019. | Artikel
Webmaster Google

Webmaster Google

Pada dasarnya, memasukkan alat Webmaster google ke dalam proses pengembangan situs web memang menjadi hal yang sangat penting diperhatikan untuk kesuksesan dan pertumbuhan web yang berkelanjutan. Untuk lebih jelasnya, berikut ada ada cara menggunakan alat Webmaster Google.

Mendaftarkan Situs Web Anda Dengan Google Webmaster Tools

Perlu diketahui, dengan melakukan pendaftaran maka akan mengarahkan Anda untuk bisa menerima pemberitahuan penting dari berbagai tautan masuk yang Anda terima. Selain itu, Anda juga bisa melihat sendiri data serta analisis lalu lintas dan pertumbuhan situs web milik Anda. Jika menggunakan alat Webmaster maka pastikan Anda mendaftar untuk pembaruan serta meneruskan email melalui blog mereka. Hal ini penting dipertimbangkan agar Anda bisa menerima informasi penting terkait situs web milik Anda.

Selain itu, untuk menganalisis lalu lintas maka Anda bisa menggunakan google analytics. Dengan menggunakan google analytics maka Anda bisa mengetahui pengalaman pengguna, baik itu durasi pengunjung tinggal di halaman, ke mana saja mereka pergi, dimana mereka memulai ataupun sebagainya.

Menyiapkan Dan Mengirim Peta Situs Web Anda Dengan Menggunakan Alat Webmaster

Hal ini penting dipertimbangkan karena merupakan sebuah cara untuk memberitahu google, mengenai laman situs web milik Anda yang mungkin saja tidak dilihat ataupun diketahui oleh mereka. Untuk menyiapkan situs web, Anda akan diminta oleh google untuk mengirimkan peta situs. Pada dasarnya ada tiga peta situs yang harus Anda kirimkan, yakni peta situs reguler untuk menunjukkan arsitektur situs dan juga halaman, sitemap gambar serta sitemap video untuk mempelajari struktur situs dan meningkatkan cakupan halaman situs web milik Anda.  

Pada dasarnya, pengiriman peta situs web ini berguna untuk membantu meningkatkan halaman hasil di mesin pencari dan juga agar lebih mudah bagi google untuk menemukan serta mengindeks gambar ataupun video yang ada di website milik Anda.

Menghilangkan Semua Kesalahan Di Situs Web

Jika Anda sudah disiapkan sebuah alat webmaster, maka Anda bisa memeriksa kesalahan yang muncul di situs web. Beberapa kesalahan yang sering muncul ialah seperti server tidak tersedia untuk sementara (503), halaman yang diminta tidak tersedia(404) dan server berhasil mengembalikan halaman (200) ataupun lainnya. Perlu Anda ketahui, memeriksa kesehatan situs web milik Anda dan memperbaiki kesalahan di situs memang sangat penting untuk selalu diperiksa. Hal ini berguna agar situs web dapat berjalan dengan efisien dan juga efektif bagi para pengunjung.

Demikianlah beberapa cara yang wajib Anda ketahui agar bisa menggunakan alat Webmaster Google (Google Webmaster Tools). Semoga ulasan yang ada diatas dapat bermanfaat dan menjadi referensi terbaik bagi Anda semua yang sedang mencari informasi terbaru mengenai cara menggunakan alat Webmaster google.

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

tags: