Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

5 Langkah Membuat Desain yang Tepat untuk Pengunjung Situs Lokal

Thursday, January 3rd 2019. | Artikel
Desain yang Tepat untuk Pengunjung Situs Lokal

Desain yang Tepat untuk Pengunjung Situs Lokal

Mendesain website untuk viewer global biasanya tanpa masalah. Masalah baru muncul ketika Anda mendesain website situs lokal yang memiliki pandangan berbeda terhadap unsur-unsur website.

Bagaimana Mendesain Website untuk Pengunjung Lokal?

Bagi seorang programer, mendesain website yang diperuntukkan bagi pembaca global bisa dilakukan dengan mudah. Sayangnya, tak banyak yang tahu kalau setiap elemen tampilan website bisa memiliki nilai efektivitas berbeda antara negara satu dengan lainnya. Sebagai contoh, ada fitur website yang populer di suatu negara tapi tak begitu populer di negara lain. Demikian pula halnya dengan perangkat akses website maupun warna yang dipakai di website.   

Itu sebabnya desain website untuk situs internasional lebih banyak menggunakan konsep netral dan simple demi menjaring lebih banyak pengunjung. Sedangkan desain website lokal lebih menitikberatkan pada detail. Agar bisa membangun website yang benar-benar menarik bagi pengunjung lokal baik suatu kota maupun suatu negara, lakukan saja beberapa cara berikut ini.

Mementingkan Maksud Pembuatan Website

Dalam banyak kasus, desain website lokal banyak yang menempatkan semua fitur menu di posisi header. Hal ini bertujuan agar pengunjung bisa melihat semua menu yang penting dalam waktu singkat tanpa harus buang-buang waktu scrolling hingga ke bawah. Tak perlu menambahkan informasi halaman “About Us” atau keterangan pribadi lainnya di bagian header.

Anda bisa menambahkan informasi tersebut di bagian lain halaman website. Berfokuslah pada informasi penting yang bisa pengunjung dapatkan dengan menghabiskan waktu di website tersebut. Tambahkan gambar yang mendorong pengunjung untuk berlama-lama membuka website tersebut.

Buat Konten Lokal yang Menarik

Pengunjung lokal cenderung memiliki koneksi emosional dengan konten yang berhubungan dengan lokasi mereka tinggal. Untuk memunculkan koneksi tersebut Anda bisa menggunakan warna background yang mengingatkan akan warna bangunan atau landscape ikonik di tempat tersebut. Atau bisa saja membuat konten artikel yang menggunakan istilah-istilah lokal sehingga pengunjung merasa familiar dengan isi artikel di website.

Tambahkan Peta di Halaman Depan (Home)

Fitur peta biasa ditambahkan pada website bisnis. Hal ini memudahkan pengunjung untuk mengetahui letak suatu tempat ketika membuka website tersebut. Anda bisa membuat fitur ini sekreatif mungkin agar bisa menyatu dengan desain website keseluruhan.

Membuat Halaman Lokal

Bagi website bisnis yang memiliki beragam cabang, Anda bisa membuat halaman website yang diperuntukkan bagi setiap cabang bisnis tersebut. Halaman lokal seperti ini memberi Anda kesempatan untuk mengembangkan konten yang unik bagi setiap lokasi. Halaman ini juga diharapkan bisa membuat pengunjung merasa lebih dekat dan familiar dengan brand bisnis tersebut serta pengunjung website lainnya.

Website bisnis lokal belum tentu bisa meningkatkan prospek penjualan secara internasional. Tapi, website seperti ini bisa membuka peluang untuk mempelajari hal baru. Sebagai desainer atau programer, Anda dituntut untuk lebih detail dan memahami target pengunjung. Sehingga website lebih menarik tak hanya dari konten tapi juga dari desainnya.

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

tags: , , , ,