Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

WordPress Versi 5.2 “Jaco” Telah Dirilis

Monday, May 27th 2019. | Artikel
WordPress Versi 5.2

WordPress Versi 5.2

WordPress merilis versi terbarunya yaitu 5.2 yang diberi nama “Jaco”. Jaco merupakan nama dari seorang pemain bass beraliran jazz yaitu Jaco Pastorius dan nama ini digunakan untuk menghormati musisi yang revolusioner tersebut. Versi terbaru dari WordPress sudah tersedia untuk diunduh di halaman resmi WordPress atau update langsung di dashboard Anda. Versi paling baru ini fokus untuk membuat situs Anda bisa bekerja dengan lebih cepat, dan memudahkan perbaikan jika terjadi sesuatu yang salah pada situs Anda.

Update dilengkapi dengan lebih banyak tool yang bisa digunakan untuk mengidentifikasi dan juga memperbaiki jika adanya isu konfigurasi dan juga jika ada kesalahan yang fatal. Pengguna WordPress bisa lebih mudah mendapatkan informasi mengenai status situsnya baik yang mengelola situs sendiri atau bertanggung jawab atas situs klien. Jaco hadir dengan beberapa perbaikan dari fitur yang sudah dikenalkan pada versi sebelumnya baik untuk end-user maupun bagi para developers.

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

Site Health adalah fitur baru yang diperkenalkan WordPress sejak versi 5.1. Fungsinya adalah untuk mengecek apakah plug in yang Anda gunakan kompatibel dengan versi PHP yang dipakai, dengan demikian performa situs bisa tetap aman dan bekerja lebih cepat karena hanya menggunakan tools yang saling kompatibel satu sama lain. Di versi 5.2 ini ditambahkan fungsi untuk membantu debugging masalah konfigurasi yang umum dan juga ditambah dengan fungsi di mana para developer bisa memasukkan informasi debuging ke bagian pemeliharaan situs.

Fitur lain yang mendapatkan update di versi 5.2 adalah proteksi terhadap kesalahan di PHP. Update ini ditujukan untuk para admin untuk bisa memperbaiki isu kesalahan yang fatal dengan lebih aman tanpa harus menggunakan waktu dari developer. Fitur ini bisa mengatasi eror yang dikenal dengan sebutan :white screen of death” dan bisa menyediakan cara untuk masuk ke recovery mode sehingga tema atau plug in yang menyebabkan eror bisa dihentikan sementara.

Sedangkan untuk pengguna WordPress yang lebih umum, 5.2 juga menghadirkan berbagai macam peningkatan baik dari segi UI maupun fitur. Seperti misalnya ikon-ikon di dashboard yang baru termasuk Instagram, ikon untuk BuddyPress, Earth, dan ikon-ikon lainnya yang bisa meningkatkan UX dalam menggunakan WordPress.

Fitur yang makin dimantabkan oleh WordPress adalah kemampuan WordPress untuk mendeteksi secara otomatis kompatibilitas antara plug in yang digunakan dengan versi PHP yang dipakai. Jika plug in yang diinstal ternyata membutuhkan versi PHP yang lebih baru daripada yang digunakan di situs maka WordPress tidak akan memberikan jalan bagi Anda yang ingin tetap menginstal plug in tersebut. hal ini dilakukan untuk mencegah adanya masalah dengan kompatibilitas tools. Versi 5.2 juga dilengkapi dengan update untuk para developers seperti misalnya syarat versi PHP yang paling minimum, pembaharuan privasi, Body Hook yang baru, dan JavaScript building.

tags: , ,