Whatsapp

Telkomsel

Indosat

XL

Rekomendasi Teks Editor Untuk Developer Yang Menggunakan JavaScript

Sunday, May 26th 2019. | Artikel
Teks Editor Visual Studio Code

Teks Editor Visual Studio Code

JavaScript adalah bahasa pemrograman yang paling populer menurut Github untuk tahun 2019 dan merupakan bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan untuk membuat dan mengembangkan berbagai macam perangkat lunak untuk berbagai macam perangkat. Bagi Anda yang merupakan pengguna JavaScript atau baru ingin belajar JavaScript untuk menambah keahlian programming, berikut adalah JavaScript editor yang paling banyak direkomendasikan untuk dioperasikan di Linux.

Ingin buat website yang menarik dan profesional pastikan ke velocity developer

Visual Studio Code
VSC adalah code editor yang gratis, open source, dan cross platform serta dilengkapi dengan perangkat mengedit yang komprehensif dan juga untuk debugging. Tampilan UI-nya bisa diatur sesuai dengan keinginan pengguna, ada juga fitur Live Share yang bisa dimanfaatkan untuk kolaborasi secara real-time bersama dengan developers lainnya, integrasi natif Git, Intellisense, dan masih banyak lagi lainnya. Visual Studio Code dikembangkan oleh Microsoft dengan plug in library yang disediakan oleh Redmond Giant dan juga para pengguna yang menjadi bagian dari komunitas VSC. VSC adalah salah satu code editor yang paling banyak digunakan untuk berbagai macam proyek termasuk untuk JavaScript.

Atom
Atom merupakan produk dari Github yang gratis, open source, dan cross-platform dengan fitur dukungan natif untuk beberapa bahasa pemrograman, dilengkapi dengan syntax highlighting, code folding, code completion, dan integrasi langsung dengan Git. Editor ini menawarkan pengguna manajer yang mudah digunakan untuk melakukan instalasi dan juga menambah fungsinya lebih jauh. Atom adalah editor yang bagus untuk menulis kode JS karena JavaScript merupakan salah satu bahasa pemrograman yang didukung secara natif oleh Atom. Developers juga bisa berkolaborasi menggunakan Teletype, editor juga bisa di-upgrade menjadi IDE.

Sublime Text 3
Editor satu ini punya versi gratis dan versi premiumnya, ia juga bisa digunakan untuk membuat aplikasi atau perangkat lunak cross-platform, ringan untuk digunakan, dan bisa diekstensi serta fokus pada kecepatan dan juga keandalannya. Sublime Text 3 adalah versi yang paling baru dari Sublime Text dan ia menawarkan fitur auto-completion, code folding, dan juga syntax highlighting, serta mendukung banyak bahasa pemrograman, salah satunya adalah JavaScript. Sebagai pengguna JS Anda akan menikmati fitur integrasinya dengan Git serta fitur-fitur lainnya. Pengguna Sublime Text 3 juga bisa mengembangkan fungsi editor ini dengan menggunakan plug ins yang disediakan oleh komunitas Sublime Text.

SpaceMacs
Editor JavaScript yang gratis ini mengombinasikan fungsi dari Emacs dan Vim ke dalam satu teks editor dengan fokus dalam hal ergonomis, konsistensi, dan juga mnemonics. SpaceMacs menawarkan UI dengan model command-line dan juga UI grafikal yang bisa dipilih oleh pengguna. Editor ini juga seakan mendobrak anggapan bahwa Emacs maupun Vim bukanlah editor yang bagus padahal keduanya memiliki fitur yang terbaik yang bisa digunakan oleh developers.

tags: , , , , ,